Ini 22 Titik Jalan Yang Akan Terapkan e-parking, Jukir Ninja Tidak Lagi! - Bicara News | Bicara Membangun Nusantara

Header Ads

Header ADS

Ini 22 Titik Jalan Yang Akan Terapkan e-parking, Jukir Ninja Tidak Lagi!

Bicaranews.com|Medan - Dengan melakukan penerapan e-parking di 22 titik pada 18 ruas jalan (8 kawasan) di Kota Medan, Wali Kota Bobby Nasution optimis, penerapan e-parking akan dapat meningkatkan 3 kali lipat pendapatan PAD dari sektor perparkiran.

"Ada keuntungan yang didapat dengan penerapan e-parking ini yaitu transparansi PAD, juga peran serta masyarakat. Artinya, masyarakat dimudahkan untuk menyampaikan dan memberikan masukan kepada Pemko Medan terkait pelayanan parkir. Dengan penerapan inilah kita harapkan dapat membantu meningkatkan pelayanan serta PAD Kota Medan," kata Bobby Nasution saat launching penerapan e-parking di Jalan KH Zainul Arifin Medan, Senin (18/10).

Orang nomor satu di Pemko Medan tersebut mengaku, selain peningkatan PAD, hal penting lain yang harus ditekankan dalam penerapan e-parking adalah pelayanannya. Sebab, bilang Bobby Nasution, selama ini dirinya kerap mendengar jika para juru parkir (jukir) sering tidak terlihat di lokasi atau disebut ninja, namun saat pengguna kendaraan hendak bergerak mereka justru kelihatan. Oleh karenanya pelayanannya harus diperbaiki sehingga hal seperti itu tidak terjadi lagi.

"Kita juga sudah sampaikan dan minta agar para jukir dapat melayani masyarakat dengan baik. Apalagi, seluruh jukir juga difasilitasi agar dapat masuk dalam keanggotaan BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan. Selain itu, para jukir juga mendapatkan pendapatan pasti setiap bulannya" ungkapnya.

"Sebelumnya sistemnya masih manual, maka ini kita kerjasamakan sistemnya menggunakan digital. Apabila sistemnya berjalan dengan baik, maka nanti akan kita terapkan di semua titik di Kota Medan. Sistemnya dulu yang harus diperbaiki," tambahnya.

Dalam penerapan e-parking ini, jelas Bobby Nasution, sudah mempertimbangkan berbagai hal. Bukan hanya demi peningkatan PAD, tapi juga para jukir yang tetap diberdayakan. "Kita juga mengajak para jukir ikut bergabung sesuai dengan ketentuan yang diberlakukan. Sebab, jukir-jukir yang ada tetap kita berdayakan," jelasnya didampingi Kadishub Kota Medan Iswar Lubis.

Adapun 22 titik jalan yang akan menerapkan e-parking yakni untuk kelas I di Jalan Zainul Arifin dari Sp. Jalan Diponegoro s/d Sp. Jalan S Parman. Lalu, Jalan Setia Budi (mulai dari Sp. Jalan Sunggal s/d Sp Jalan Dr Mansyur), Jalan Irian Barat (mulai dari Sp Jalan HM Yamin s/d jalan Veteran).  Kemudian, Jalan Pemuda (mulai dari Sp. Jalan Pandu s/d Sp Jalan Palang Merah) serta Jalan Cirebon (mulai dari Sp. Jalan MT Haryono s/d Sp Jalan Pandu). 

Sedangkan untuk kelas II di Jalan Pemuda Baru I, Jalan Pemuda Baru II dan Jalan Pemuda Baru III serta Kawasan Pasar Baru yakni Jalan Palangkaraya, Jalan Palangkaraya Baru, Jalan Bandung, Jalan Jember, Jalan Bogor, Jalan Kotanopan I, Jalan Kotanopan II, Jalan Pekantan serta Jalan Barus.(t/bn01)

Diberdayakan oleh Blogger.