Wali Kota Tegur Keras Lurah Bantan, Medan Tembung dan Minta Keplin VI Kembalikan Uang Warga - Bicara News | Bicara Membangun Nusantara

Header Ads

Header ADS

Wali Kota Tegur Keras Lurah Bantan, Medan Tembung dan Minta Keplin VI Kembalikan Uang Warga


Bicaranews.com|Medan - Setelah meninjau drainase tersumbat dan jalan rusak di Jalan Ampera, Kelurahan Bantan, Kecamatan Medan Tembung, Wali Kota Medan Bobby Nasution menyempatkan untuk mendengar keluhan dan masukan langsung warga sekitar, Sabtu (11/9/2021). 

Dari hasil interaksinya dengan warga tersebut, diketahui bahwa aparatur wilayah sering meminta uang setiap kali warga ingin mengurus dokumen administrasi kependudukan, seperti pembuatan KTP. Untuk ini, lurah pun diminta ikut bertanggung jawab mengembalikan uang warga tersebut.

Satu persatu keluhan warga pun didengarkan Bobby Nasution. Terhitung, ada 40 warga yang mengadukan kebiasaan kepala lingkungan (kepling) VI Abdul Rahman yang kerap meminta uang kepada warga. Mendengar itu, Bobby Nasution pun marah dan minta kepling untuk mengganti uang warga yang telah diterimanya. "Terhitung mulai Senin, selesaikan dan kembalikan semua uang yang bapak terima itu," tegasnya seraya menyesalkan perbuatan kepling.

Tidak sampai di situ, Lurah Bantan M. Huzel yang ada di lokasi juga mendapat teguran keras dari Bobby Nasution. Sebab, menurut  pengakuan warga, mereka jarang, bahkan ada yang sama sekali tidak mendapatkan bantuan apapun yang menjadi program pemerintah, terlebih bantuan di masa pandemi Covid-19 saat ini. 

"Bapak ini bagaimana, masa warganya tidak didata. Lalu apa yang bapak kerjakan. Ini banyak warga kesulitan pak. Didata warganya agar bisa mendapat bantuan. Bagi warga, kalau ada perbuatan lurah dan kepling yang menyalah lagi, segera laporkan kepada saya," ujar Bobby Nasution kepada Lurah Bantan sekaligus meminta ajudan pribadinya memberikan nomor telpon yang bisa dihubungi masyarakat untuk menyampaikan aduan.

Sebelum meninggalkan lokasi, saat  ditanyakan terkait tindakan pungli yang dilakukan oleh kepling, Bobby Nasution akan menjatuhkan sanksi. "Akan kita beri hukuman dan sanksi. Tapi sebelum itu, kita minta Kepling segera mengembalikan uang masyarakat yang sudah diterimanya. Saya minta, Senin (13/9), harus sudah  diselesaikan semuanya. Dalam pengurus administrasi kependudukan seperti KTP dan KK, tidak ada membayar apapun. Setelah uang dikembalikan, barulah kita berikan teguran administratif dan teguran lainnya," tegasnya.

Melihat ketegasan dan perhatian Bobby Nasution tersebut, warga pun mengucapkan terima kasih dan merasa bangga karena pengaduan mereka langsung didengar dan ditindaklanjuti. "Alhamdulillah, terima kasih banyak Pak Wali. Semoga semua bisa dikerjakan dengan baik. Kami warga yang tidak mampu akhirnya bisa mendapat bantuan pemerintah," ujar salah seorang ibu kepada Bobby Nasution. Sebelum meninggalkan lokasi, Bobby Nasution pun memberikan bantuan paket sembako dan diterima dengan penuh gembira warga.(bn01)

Diberdayakan oleh Blogger.