Wakil Bupati Humbahas bersama BPODT Bahas Pengembangan Destinasi Seribu Gua Desa Banuarea, Pakkat - Bicara News | Bicara Membangun Nusantara

Header Ads

Header ADS

Wakil Bupati Humbahas bersama BPODT Bahas Pengembangan Destinasi Seribu Gua Desa Banuarea, Pakkat

Seribu Gua

Bicaranews.com|Doloksanggun - Wakil Bupati Humbang Hasundutan Oloan Paniaran Nababan, SH, MH terima kunjungan kerja Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) membahas pengembangan destinasi Seribu Gua Humbang Hasundutan di Ruang Kerja Wakil Bupati, Jumat (20/8).

Kunjunan ini di pimpin oleh Kepala Divisi Pengembangan Bisnis Pariwisata Nelson Lumbantoruan dan dihadiri Tenaga Ahli Bidang SDM Dedy Siregar, Staf Pengembangan Bisnis Pariwisata Sonia Akhtaria, Giovanni O. Siboro dan Frengki Simbolon.

“Kujungan ini dalam rangka memenuhi permintaan Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) untuk mengembangkan Destinasi Seribu Gua di Humbahas ekpedisi ini dalam rangka pembangunan destinasi yang berkelanjutan. Dipimpin oleh Beri Barita Purba dan disupport oleh Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT),” ujar Sandiaga.

Dalam waktu dekat Tim Susur Gua dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif akan diberangkatkan langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno ke Dolok Pinapan, Pakkat.

Pemerintah Humbang Hasundutan dalam kesempatan ini dengan tegas menyatakan siap mendukung dan mensukseskan destinasi Seribu Gua di Humbang Hasundutan.

Untuk diketahui bersama Gua Pinapan merupakan salah satu gua dari Cagar Wisata Alam Baru Seribu Gua di Desa Banuarea, Kecamatan Pakkat, tepatnya di kaki Gunung Dolok Pinapan, sekitar 45 km dari Doloksanggul. 

Akses menuju Desa Banuarea bisa dari simpang Parbotihan, Kecamatan Onan ganjang, melewati Desa Panggugunan, Pulogodang dan Desa Sipagabu, terhampar sawah dan pohon durian, ambacang, petai dan aneka tumbuhan bio diversity. 

Selain itu bisa juga melalui Pakkat, setelah melewati Desa Laksa dan Sijarango, sekitar 40 menit kita akan sampai di kawasan Gua Banuarea. Pertama sekali kita akan disambut Gua Jabi-jabi, salah satu gua di antara ribuan gua disitu. 

Lanjut, setelah menelusuri jalan berliku dan menanjak, kita akan tiba di simpang, tempat pemberhentian kendaraan menuju Gua Pinapan yg eksotis itu. Dengan jalan kaki sekitar 500 m melewati jalan mendatar lalu terjal, kita akan tiba di gua Pinapan.

Banuarea dengan keragaman pototensi bio, gea dan culture diversity menjadi obyek pendukung kawasan Danau Toba sebagai destinasi wisata super prioritas. Wisata alam memiliki pasar peminatnya tersendiri. 

Sensasi alam banuarea akan menghasilkan sensasi tersendiri bagi pengunjung. Destinasi Seribu Gua ini menjadi obyek pilihan yang bisa menambah panjang trip wisata bagi wisatawan yang akan mengunjungi Danau Toba, sehingga akan dapat menambah spelling dolar bagi masyarakat sekitar.(t/bn)

Diberdayakan oleh Blogger.