Launching Pelayaran Perdana KMP Kaldera Toba, Rute Muara-Onan Runggu - Bicara News | Bicara Membangun Nusantara

Header Ads

Header ADS

Launching Pelayaran Perdana KMP Kaldera Toba, Rute Muara-Onan Runggu

Bicaranews.com|SAMOSIR - Launching perdana pelayaran Kapal Motor Penumpang (KMP) Kaldera Toba ditandai dengan pengguntingan pita oleh Wakil Bupati Taput Sarlandy Hutabarat, SH bersama perwakilan Bupati Samosir Plt. Kadis Perhubungan Rohani Bakkara di Dermaga Muara, Kabupaten Tapanuli Utara, Senin (16/08/2021).

KMP Kaldera Toba perdana berlayar mulai dari Pelabuhan Muara Kabupaten Taput menuju Pelabuhan Onan Runggu Kabupaten Samosir, acara launching ini dihadiri GM. ASDP Cabang Sibolga Partogi Tamba, Kepala BPTD Wilayah II Sumut Batara, Kabid Perhubungan Provinsi Sumatera Utara Khairul, Kepala Jasa Raharja Wilayah Sumut, Pimpinan OPD Kabupaten Taput, Unsur Forkopimda Kabupaten Taput, FKTM, unsur Rohaniawan dan Insan pers.

Kepala BPTD Batara menyampaikan KMP. Kaldera Toba memiliki bobot kotor sebesar 291 GT dengan kapasitas angkut penumpang sebanyak 152 orang, Kendaraan jenis sedan maksimal sebanyak 15 Unit, dengan uraian tersebut diharapkan KMP. Kaldera Toba dapat mendukung aksesibilitas dan konektifitas serta mobilitas dari masyarakat sehingga dapat meningkatkan nilai ekonomi masyarakat. 

Selanjutnya disampaikan kepada Operator KMP. Kaldera Toba diharapkan agar selalu mengedepankan aspek keselamatan dan pegang teguh SOP dalam berlayar serta tetap memperhatikan peraturan protokol kesehatan untuk kenyamanan dan keamanan para penumpang baik wisatawan lokal maupun mancanegara.

PT. ASDP cabang Sibolga selaku operator KMP. Kaldera Toba dalam pelayarannya, menyampaikan bahwa, PT. ASDP hadir bukan untuk bersaing dengan para pengusaha penyebrangan kapal masyarakat, tapi kami hadir untuk memberikan pelayanan terbaik, maksimal, dan tingkat keselamatan yang maskimal. Kiranya Pemerintah Daerah dan masyarakat dapat memberikan dukungan untuk kelancaran penyelenggaraan transportasi penyebrangan Muara-Onan Runggu.

Bupati Samosir dalam sambutannya yang diwakili oleh Plt. Kadis Perhubungan Samosir Rohani Bakara menyampaikan Bupati Samosir Bapak Vandiko Timotius Gultom dan Bapak Wakil Bupati Martua Sitanggang tidak dapat hadir karena mengikuti acara mendengarkan Pidato kenegaraan yang mana hal tersebut merupakan rangkaian Dirgahayu Indonesia yg ke 76 yang akan kita rayakan besok dan tak lupa saya sampaikan salam dan ucapan selamat dan sukses dari Bupati dan Wakil Bupati Samosir untuk KMP. Kaldera Toba 

Pemkab Samosir dan masyarakat Samosir sangat bangga dan berterima kasih kepada pemerintah pusat dalam hal ini khususnya Kementerian Perhubungan, yang mana telah membuat kebijakan untuk menambah pendistribusian transportasi danau berupa kapal Ferry KMP Kaldera Toba, dengan jalur pelayaran antara Kabupaten Tapanuli Utara dengan Kabupaten Samosir dimana dalam hal ini akan sangat membantu perekonomian masyarakat dan secara langsung dapat menumbuhkan geliat wisata di Kawasan Danau Toba.

Mengingat hal yang pernah terjadi pada Kapal KMP. Ihan Batak, Rohani Bakara menekankan kepada Kepala BPTD dan PT. ASDP agar rutin melakukan pemeriksaan dan pengecekan kapal untuk menjaga keselamatan pelayaran, menjalankan SOP selama pelayaran serta mempekerjakan SDM yang berkompeten di bidang pelayaran, hal ini tentu kita harapkan  untuk menghindari hal-hal buruk yang tidak diinginkan yang dapat melemahkan sektor pariwisata di Kawasan Danau Toba ujar Rohani mengakhiri sambutannya.(kominfo/bn)

Diberdayakan oleh Blogger.