Kukuhkan dan Lantik Pengurus PABPDSI Simalungun Periode 2021-2027, Bupati: Pengulu dan Maujana Harus Bersinergi

Kukuhkan dan Lantik Pengurus PABPDSI Simalungun Periode 2021-2027, Bupati: Pengulu dan Maujana Harus Bersinergi

Rambe
By -
0

Bicaranews.com|SIMALUNGUN - Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga SH mengukuhkan dan melantik pengurus Persatuan Anggota Badan Permusyawaratan Desa Seluruh Indonesia (PABPDSI)  Kabupaten Simalungun Periode 2021-2027, bertempat di Balei Harungguan Kantor Bupati Simalungun Pamatang Raya,  Sumut,  Rabu (18/08/2021).

Dalam sambutannya Bupati Simalungun mengatakan, Undang-undang Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa menyebutkan bahwa pemerintahan desa adalah kepala desa dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD), di Simalungun disebut dengan Maujana Nagori.

"Saya menyambut baik terbentuknya kepengurusan PABPDSI di Simalungun,  untuk saya berharap kedepan,  sesuai dengan fungsi maujana yakni melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan pemerintahan nagori, kiranya penggunaan dana dinagori,  baik alokasi dana desa atau alokasi dana nagori tepat sasaran demi mewujudkan pembangunan nagori yang lebih baik," kata Bupati. 

Dikatakan,  sebagai lembaga formal,  maujana nagori mempunyai peran strategis dalam mendorong transparansi,  akuntabelitas, demokratisasi dan kesejahteraan warga. Untuk itu di harapakan setiap anggota Maujana nagori dapat meningkatkan kapasitas SDM dan inovasinya. 

"Jalinlah komunikasi yang baik dengan pangulu dan perangkat nagori sehingga tidak terjadi kesenjangan hubungan kerja di nagori. Keduanya harus sejalan dan bersinergi dalam melaksanakan roda pemerintahan di nagori. Tingkatkan SDM dan inovasi, hindari konflik yang tidak perlu dan berikanlah contoh yang baik buat masyarakat,  apalagi situasi Covid saat ini, mari kita terapkan aturan pemerintah dengan melaksankan protokol kesehatan,  agar Simalungun kedepan lebih baik lagi," ujar Bupati.

Disamping itu,  Bupati juga mengharapkan kepada maujana nagori untuk mendukung program pemerintah dalam melakukan pendataan peta bidang tanah di nagori masing-masing agar masyarakat memperoleh sertifikat tanah.  Hal itu juga untuk menghindari terjadinya permasalahan tanah di kemudian hari. 

"Selamat kepada pengurus yang dilantik dan selamat bekerja,  berikan pengabdian yang terbaik untuk masyarakat. Mari sama-sama kita bangun Simalungun dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ungkap Bupati. 

Tampak hadir diacara itu, Ketua DPRD diwakili Jhon Redikalmen Saragih, Dandim 0207/Simalungun diwakili Kasdim Mayor Inf Fransisco Sidauruk,  Kapolres diwakili Wakapolres Kompol Efianto,  Ka.  BPMPN Sarimuda Purba,  Kadis Kominfo Wasin Sinaga, Plt Ka. Badan Kesbangpol Ronald Anderson Silalahi, Ketua Umum PABPDSI Fery Radiansyah ST MM dan undangan terbatas serta menerapkan protokol kesehatan. 

Ketua Umum PABPDSI dalam sambutannya antara lain mengharapkan dengan di lantiknya pengurus PABPDSI Simalungun dapat memberikan peningkatan kesejahteraan maujana di daerah ini. "Mari kita dorong pemerintahan desa untuk membangun desa agar lebih maju dan sejahtera," ujarnya. 

Kepengurusan PABPDSI Simalungun periode 2021-2027 terdiri dari Ketua Buyung Sirawan Tanjung dibantu 9 wakil ketua,  Sekretaris  Sahrul Efendi SE dibantu 4 wakil Sekretaris, Bendahara  Syahnan Rawi dibantu 2 wakil bendahara.  Kepengurusan tersebut dilengkapi dengan biro organisasi dan kelembagaan, biro pemberdayaan perempuan,  biro tata negara,  kelembagaan dan regulasi desa,  biro kerjasama lembaga,  biro aspirasi rakyat desa dan kearifan lokal,  biro inovasi dan desa digital,  biro perencanaan pembangunan desa dan biro kajian desa daerah tertinggal. 

Buyung Irawan Tanjung selaku ketua PABPDSI Simalungun dalam sambutnya mengatakan bahwa tujuan dilaksanakannya pelantikan PABPDSI, sebagai wadah untuk bersatu,  berjuang dan bermartabat bagi seluruh anggota Maujana Nagori. 

Menurut Buyung,  kehadiran PABPDSI di Simalungun berusaha menciptakan kerjasama yang harmonis antara pangulu dan maujana nagori dan mempermudah komunikasi,  koordinasi disemua tingkatan. "Kami siap mendukung program Pemkab Simalungun dalam melaksanakan pembangunan untuk mewujudkan Kabupaten Simalungun yang lebih sejahteta,"tandasnya. 

Sebelumnya, dilaksanakan deklarasi pengurus PABPDSI yang dipimpin oleh Buyung Irawan Tanjung. Pelantikan itu ditandai dengan penyerahan pataka kepada ketua PABPDSI oleh Bupati Simalungun, dan diakhiri dengan pemberian piagan penghargaan kepada Bupati Simalungun dan Ketua DPRD sebagai bapak Badan Permusyawaratan Desa Kabupaten Simalungun oleh Ketua Umum PABPDSI dan Ketua PABPDSI Simalungun.(rel/bn05)

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)