Erick Thohir Sarankan Warga Medan Yang Isoman Jangan Ragu Pindah Dalam Isoter - Bicara News | Bicara Membangun Nusantara

Header Ads

Header ADS

Erick Thohir Sarankan Warga Medan Yang Isoman Jangan Ragu Pindah Dalam Isoter

Bicaranews.com|Belawan - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir menyarankan warga Kota Medan sekitarnya yang saat sedang menjalani Isolasi Mandiri (Isoman) Covid-19 agar tidak ragu-ragu pindah atau bergabung dalam Isolasi Terpadu (Isoter) untuk proses penyembuhan.

Hal tersebut dikatakan Menteri BUMN kepada wartawan usai meninjau dan berdialog dengan pasien Covid-19 serta para tenaga kesehatan (Nakes) di Kapal Motor Penumpang (KMP) Bukit Raya yang telah dijadikan sebagai lokasi Isolasi Apung Terpusat di Pelabuhan Belawan, Sabtu (21/8/2021).

Lebih lanjut Menteri BUMN mengatakan, ketika warga yang selama ini melakukan Isoman Covid-19 bergabung ke Isoter, maka akan mendapat berbagai fasilitas kesehatan dan pelayanan dari nakes yang terus menjaga proses penyembuhan secara pasti dengan dukungan pengadaan obat-obatan yang lebih terjamin.

"Penularan dan kematian masih terjadi dimana-mana, warga Kota Medan sekitarnya jangan ragu-ragu bergabung dalam Isolasi Terpadu," ujar Menteri BUMN.

Menteri BUMN juga mengatakan, kunci menangani Covid-19 adalah kebersamaan, sehingga rakyat harus mendukung berbagai prigram pemerintah agar masalah Covid-19 di Indonesia dapat diselesaikan.

Sementara itu, menurut Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, salah satu keberhasilan dalam memerangi Covid-19 adalah Isoter Terapung, karena ketika pertama sekali dilakukan di Makasar, mengalami sukses besar, 50 orang pasien Covid-19 dalam waktu lima hari sembuh, karena ada udara mengandung clorin yang diyakni mempercepat proses penyembuhan pasien.

Menhub juga mengatakan saat ini 7 kota di Indonesia yang memiliki Isoter Terapung yakni Medan, Lampung, Babel, Makasar, Bitung, Sorong dan Jayapura, dan saat ini 10 hingga 12 unit kapal Pelni yang kebetulan tidak berkegiatan karena pandemi Covid-19 dapat dijadijan sebagai lokasi Isoter Terapung.

Sebelumnya, Wali Kota Medan, Bobby Nasution menyebutkan, sebanyak atau lebih 8.000 orang warga Medan, saat ini menjalani Isoman Covid-19, diharapkan yang memenuhi ketentuan yakni mengalami gejala ringan atau orang tanpa gejala (OTG) untuk pindah ke Isoter Darat maupun Isoter Terapung, karena hingga saat ini baru 30 persen ruang isoter di Kota Medan terisi pasien Covid-19 maupun yang dinyatakan reaktif.(t/bn)

Diberdayakan oleh Blogger.