Bupati Dosmar Banjarnahor Kukuhkan Paskibraka Humbahas 2021 - Bicara News | Bicara Membangun Nusantara

Header Ads

Header ADS

Bupati Dosmar Banjarnahor Kukuhkan Paskibraka Humbahas 2021

Bicaranews.com|Doloksanggul - Bupati Humbang Hasundutan, Dosmar Banjarnahor, SE mengukuhkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Humbang Hasundutan (Humbahas)  Tahun 2021 (16/8) di Pendopo Bukit Inspirasi Doloksanggul. Tampil sebagai pemimpin pasukan, Ardika Lumbangaol.

Hadir pada pengukuhan ini Wakil Bupati Humbang Hasundutan, Oloan Paniaran Nababan, SH, MH, Forkopimda yaitu Ketua DPRD Humbang Hasundutan Ramses Lumbangaol, SH, Kapolres diwakili Kabag Sumda Kompol M.T. Aritonang, Kajari Humbahas diwakili Kasi Intel Hendra Sinaga, SH, 

Dandim 0210/ TU diwakili Danramil 05 Doloksanggul Kapten Inf Brigif R Munte, Sekda Drs. Tonny Sihombing, MIP, Pimpinan OPD dan orangtua peserta.

Jumlah yang hadir pada pengukuhan ini juga sangat dibatasi mengingat pengukuhan ini dilaksanakan pada masa Pandemi Covid-19. Hadirin juga diwajibkan mengikuti protokol kesehatan.

Bupati Dosmar Banjarnahor, SE dalam sambutannya menyampaikan bahwa anggota Paskibraka yang dikukuhkan saat ini merupakan putra-putri terbaik Humbang Hasundutan. Paskibra ini direkrut dan diseleksi secara bertahap dan berjenjang melalui sistem dan mekanisme pendidikan dan pelatihan yang menanamkan nilai-nilai kebangsaan serta penguatan aspek mental dan fisik.

"Adik-adik Paskibraka yang saya banggakan. Pada acara pengukuhan ini, kalian harus bersyukur kepada TYME dan tentunya semua kalian bangga karena mendapatkan kehormatan dan kepercayaan yang begitu tinggi untuk mengemban tugas yang mulia pada hari bersejarah tanggal 17 Agustus 2021. Pertanggungjawabkan kepercayaan dan kehormatan itu. Laksanakan tugas dengan sebaik-baiknya," ujarnya.

Ditambahkan, ikrar yang telah diucapkan tadi benar-benar dihayati, dipedomani dan dijalankan dalam pengabdian kalian terhadap Kabupaten Humbang Hasundutan yang kita cintai ini dan juga kepada bangsa dan negara.

"Saya menggaris bawahi, persatuan, kebersamaan, kerukunan dan kekompakan diantara sesama warga sebagaimana dilakukan para pendiri negara kita telah meletakkan pilar-pilar kehidupan bernegara, yaitu; Pancasila sebagai falsafah ideologi dan dasar negara, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika," ungkap Bupati. 

Empat pilar inilah yang sangat penting untuk terus kita hidupkan dan aktualisasikan di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Paskibraka ini dipilih dan direkrut dari putra putri terbaik Humbang Hasundutan setingkat SLTA melalui mekanisme yang sudah ditentukan. Pasukan ini dilatih oleh unsur TNI dan Polri untuk persiapan Pengibaran Bendera pada Tanggal 17 Agustus 2021 di Kabupaten Humbang Hasundutan.

Diakhir pengukuhan, Paskibraka menyanyikan ‘Padamu Negeri dan  ‘Gugur Bunga’ yang diselingi puisi oleh Herli Sihite dari SMA Negeri 1 Doloksanggul. Haru campur bangga terlihat dari para orang tua Pasukan. Sesekali terlihat orang tua menyeka mata dengan sapu tangan. Herli mampu membawa suasana dan membangkitkan jiwa nasionalisme.

Sebelum pengukuhan oleh Bupati Humbang Hasundutan, Paskibraka mengucapkan Ikrar Putra Putri Indonesia yang dipandu oleh Pembina Kepemudaan Dinas Pemuda dan Olahraga. (Diskominfo)

Diberdayakan oleh Blogger.