Perbukitan Kawasan Danau Toba di Humbahas Terbakar - Bicara News | Bicara Membangun Nusantara

Header Ads

Header ADS

Perbukitan Kawasan Danau Toba di Humbahas Terbakar

Bicaranews.com|Humbahas - Perbukitan hutan dan Lahan di Kawasan Danau Toba di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) terbakar hebat. Sedikitnya puluhan hektare lahan hangus dilalap api.

Perbukitan yang terbakar itu terjadi di Dusun Lumban Sipariama, Kecamatan Parsingguran Dua, Kecamatan Pollung, Humbahas, Senin (26/7/2021)

Menurut salah satu warga, Marihot Banjarnahor mengatakan peristiwa kebakaran itu sudah terjadi sejak hari Minggu (25/7) sekitar pukul 23.00 WIB.

Katanya, api berasal dari arah Kecamatan Baktiraja kemudian merambat hingga kawasan Kecamatan Pollung. Warga tak mampu berbuat banyak untuk memadamkan kobaran api lantaran medanya begitu curam.

"Mayoritas perbukitan yang terbakar itu memiliki sudut kemiringan hingga tujuh puluh derajat sehingga warga tidak bisa berbuat banyak untuk memadamkan api," ungkapnya.

Marihot menambahkan, api cepat merambat karena dipengaruhi kondisi cuaca musim kemarau yang akhir-akhir ini terjadi di Humbahas. Akibatnya, sekitar lima puluh hektare lebih kawasan perbukitan danau Toba terbakar.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, namun puluhan hektare pohon hutan dan pohon budidaya yang ditanam masyarakat sekitar hangus terbakar.

Bahkan, peristiwa itu juga merusak lingkungan objek wisata alam Panatapan Silemeleme. Pepohonan dan semak belukar yang tumbuh di sekitar objek wisata hangus terbakar.

Sementara itu, petugas pemadam kebakaran bersama polisi yang tiba dilokasi tidak mampu berbuat banyak karena medannya yang begitu sulit. Meski sudah berupaya, api masih tetap berkobar hingga Senin siang.

Apabila tidak segera diatasi, api diprediksi akan terus berkobar dan melahap ratusan hektare lahan lainnya di perbukitan Danau Toba. (bn)

Diberdayakan oleh Blogger.