Hari Jadi Humbahas ke-18, Dosmar Sebut Selama Lima Tahun Kepemimpinannya Sudah Banyak Kemajuan - Bicara News | Bicara Membangun Nusantara

Header Ads

Header ADS

Hari Jadi Humbahas ke-18, Dosmar Sebut Selama Lima Tahun Kepemimpinannya Sudah Banyak Kemajuan

Bicaranews.com|Humbahas - Paripurna DPRD dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) ke-18 dilaksanakan melalui Video Conference (Vidcon) dan streaming ke sepuluh Kecamatan, Rabu (28/7). 

Paripurna ini dilaksanakan  di Gedung DPRD Perkantoran Tano Tubu yang dipimpin langsung Ketua DPRD, Ramses Lumbangaol, SH dan dihadiri Forkopimda, Bupati Humbang Hasundutan, Dosmar Banjarnahor, SE, Wakil Bupati Humbang Hasundutan, Oloan Paniaran Nababan, SH, MH, Kapolres Humbang Hasundutan, AKBP Ronny Nicolas Sidabutar, SH., S.IK, MH, Kajari yang diwakili Kasi Intel Hendra Sinaga, SH, Dandim 0210/TU diwakili Pabung Humbahas Mayor Wasno, Ketua TP PKK Humbahas, Ny. Lidya Dosmar Banjarnahor, Wakil Ketua TP PKK Humbahas Ny. Erma Oloan Paniaran Nababan, Ketua DWP Persatuan, Ny. Marista Tonny Sihombing, Sekda Drs. Tonny Sihombing, MIP.

Turut hadir mewakili tokoh Pemrakarsa terbentuknya Kabupaten Humbang Hasundutan, Bupati/ Wakil Bupati periode sebelumnya, tokoh agama, tokoh adat, pemuda dan masyarakat.

Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor, SE dalam sambutannya mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada Ketua dan Anggota DPRD yang menyelenggarakan rapat paripurna ini. 

Salam hormat juga disampaikan kepada Polri/ TNI, ASN, Forkopimda, Forkopimca, pemrakarsa, tokoh agama, pemuda dan masyarakat serta insan pers yang selalu memberi sumbangsih pemikiran membantu pemerintah dalam membangun Humbang Hasundutan. Saat ini kita sedang melalui krisis pendemi Covid-19 yang menjadi tantangan dunia dan negara kita. 

Tidak ada kelompok peneliti yang memprediksi kapan pandemi ini berakhir, oleh karena itu perlu ditingkatkan kewaspadaan terlebih karena adanya varian baru covid-19 ini.

Pemerintah mengajak kita untuk menggerakkan persatuan, rasa peduli, memperkokoh persaudaraan dan kegotongroyongan untuk menghadapi tantangan serta menumbuhkan rasa juang mengatasi setiap kesulitan. 

Pada saat ini, Pemkab Humbahas berupaya dalam menjamin ketersediaan APD, Vaksin, Obat-obatan, Oksigen dan alkes lainnya. Kita berharap pandemi ini segera berakhir, sehingga tugas dan pengabdian kita bisa berjalan dengan baik.

Memperingati HUT ke-18 saat ini merupakan sebuat peringatan untuk meningkatkan rasa cinta kepada Kabupaten Humbang Hasundutan. Sebagai masyarakat Humbang Hasundutan kita patut bersyukur dan berbahagia karena sejak 18 tahun lalu kehidupan masyarakat telah banyak mengalami kemajuan di bidang pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan. Thema Hari Jadi ke 18 ini ‘Tingkatkan Kinerja dan Satukan Tekad untuk Mewujudkan Humbang Hasundutan Maju dan Bermentalitas Unggul’.

Thema ini hendaknya mengingatkan semua pihak untuk bersama-sama mengukir dan memaknai perjuangan Pemrakarsa pembentukan Kabupaten Humbang Hasundutan dan kebangkitan dalam rangka meraih kemajuan, kemandirian untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Kepada seluruh ASN di Pemkab Humbahas tunjukkan kinerja, tingkatkan potensi diri dan bekerja dengan tekad dan hati yang iklas. Kinerja yang berkualitas akan mendorong hasil yang berkualitas. 

Dengan demikian, urusan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kemasyarakatan akan terlaksana dengan baik.

Dosmar, juga menyampaikan terimakasih dan apresiasi yang luar biasa atas partisipasi demokrasi masyarakat pada Pilkada Serentak tahun 2020 yang lalu. Dimana kami diberikan kepercayaan untuk melanjutkan pengabdian di Kabupaten Humbang Hasundutan yang kita cintai ini bersama Oloan Paniaran Nababan.

Selama lima tahun pemerintahan yang kami pimpin sudah banyak kemajuan, walaupun masih ada kondisi dan permasalahan yang muncul yang secara langsung maupun  berpengaruh terhadap dinamika kehidupan masyarakat. Oleh karena itu diperlukan dukungan dari semua pihak.

Kabupaten Humbang Hasundutan sangat potensial dibidang pertanian dan kepariwisataan. Dengan dukungan semua pemangku kepentingan, kami optimis akselerasi laju pembangunan disemua sektor akan dapat ditingkatkan.

Melihat potensi yang dimiliki, kita ingin mewujudkan dalam visi dan misi pemerintah daerah demi kemajuan Humbang Hasundutan dapat kami jelaskan sebagai berikut; Indeks Pembangunan Manusia Humbang Hasundutan terus mengalami kemajuan tahun 2020 mencapai 68,87 dengan dimensi umur panjang dan hidup sehat, dimensi pengetahuan dan dimensi standar hidup layak yang meningkat setiap tahun.

Capaian kinerja, kualitas pembangunan budaya kinerja, birokrasi dan penyelenggaraan pemerintahan yang berorientasi pada hasil bahwa Pemkab Humbahas menunjukkan capaian yang sangat baik. 

Hal ini dibuktikan  dengan perolehan kategori  ‘A’ untuk Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) dan sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah mendapatkan predikat ‘BB’. Penilaian masa akhir jabatan Bupati Humbang Hasundutan periode 2016-2021 memperoleh nilai 91,26 dengan kategori sangat baik.

Hasil penilaian BPK terhadap Laporan Keuangan Pemerintahan Kabupaten Humbang Hasundutan mendapat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dan tingkat inovasi daerah termasuk 50 besar terbaik di Indonesia.

Bidang pendidikan, Pemkab Humbahas memberikan beasiswa kepada siswa dan mahasiswa yang berprestasi. Tahun 2020 telah diberikan kepada 22 siswa baru dan 46 siswa yang sedang menempuh pendidikan. Sedangkan untuk mahasiswa mulai tahun 2017 telah diberikan kepada 143 mahasiswa baru dan 195 mahasiswa lama.

Bidang kesehatan, masyarakat dapat memperoleh pelayanan kesehatan yang baik mulai tingkat puskesmas sampai RSUD Doloksanggul.

Peningkatan jangkauan dan kualitas infrastruktur jalan diarahkan pada kawasan potensi ekonomi dalam rangka memperlancar transportasi. Jalan kabupaten kondisi mantap sepanjang 691,47 km atau 77,52 persen. Demikian juga jangkauan infrastruktur irigasi.

Peningkatan bidang pertanian melalui pengolahan lahan, menyediakan bibit, pupuk dan pestisida, penyediaan traktor besar, excavator besar, excavator mini, hand traktor, pemipil jagung dan alat pertanian lainnya.

Melalui Peringatan Hari Jadi Kabupaten Humbang Hasundutan, pemerintah mengajak seluruh elemen masyarakat untuk mensukseskan Program Strategis Nasional Pengembangan Food Estate di Kabupaten Humbang Hasundutan. Pengembangan Food Estate saat ini ada di dua wilayah yaitu 215 ha di Desa Ria-ria dan 785 ha di Desa Parsingguran II. 

Saat ini terdapat 7 Perusahaan yang sudah bermitra dengan Food Estate yaitu PT. Indofood, PT. Champ, PT. Eden Farm dan  PT. Wings untuk komoditi kentang.  PT. Parna Raya untuk komoditi bawang putih, PT. Panah Merah dan PT. Eden Farm untuk bawang merah dan PT. BISI Internasional untuk jagung.

Adapun kegiatan yang sedang berlangsung saat ini di lahan 215 hektar Desa Ria-ria adalah memasuki musim tanam II yang diawali dengan Demonstration Plot (Demplot) atau percontohan yang dilakukan oleh 4 perusahaan untuk memberikan pemahaman, pengetahuan dan teknologi yang baru kepada masyarakat.

Sedangkan untuk lahan 785 hektar di Desa Parsingguran II pada saat ini baru memasuki tahap land clearing (pembukaan dan pembersihan lahan). Ada sekitar 80 hektar yang sudah lengkap pemenuhan Calon Petani Calon Lahan (CPCL).

"Kepada semua pihak sekali lagi kami menyampaikan penghargaan dan terimakasih yang tulus atas dorongan semangat, koreksi dan kritik yang konsturktif kepada pihak eksekutif dalam mengemban amanat tugas pemerintahan dan pembangunan selama ini," ujarnya.

Bupati mengakhiri sambutannya dengan mengajak semua lapisan masyarakat  untuk berdoa kiranya masyarakat Humbang Hasundutan diberi kesehatan, umur yang panjang dan berkat yang melimpah.

Pada kesempatan itu Ketua DPRD Humbang Hasundutan, Ramses Lumbangaol, SH menyampaikan Selamat Memperingati Hari Ulang Tahun Kabupaten Humbang Hasundutan yang Ke-18. 

Ramses, juga mengucapkan terimakasih kepada Bupati dan Wakil Bupati Humbang Hasundutan dan jajarannya yang telah bekerja keras dan berkomitmen dalam upaya meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup masyarakat.

Melalui peringatan Hari Jadi saat ini dapat kita jadikan sebagai momentum untuk mengingat kembali pencapaian, keberhasilan sekaligus kegagalan serta kendala yang dihadapi dalam membangun, mengembangkan dan meningkatkan Kabupaten Humbang Hasundutan menjadi lebih baik.

Perayaan yang kita laksanakan dengan penuh kesederhanaan dimasa pandemi Covid-19 yang tengah melanda, kita harus tetap mempedomani aturan protokol kesehatan. Kiranya tidak mengurangi makna dan hikmadnya untuk mengenang perjalanan Kabupaten Humbang Hasundutan selama 18 tahun. (diskominfo)

Diberdayakan oleh Blogger.