Sharing Teknik Kembangkan UMKM, Dekranasda Pariaman Kunjungi Kota Medan

Sharing Teknik Kembangkan UMKM, Dekranasda Pariaman Kunjungi Kota Medan

Rambe
By -
0

Bicaranews.com|Medan - Ketua Dekranasda Kota Medan Ny Kahiyang Ayu Bobby Nasution menerima kunjungan Ketua Dekranasda Kota Pariaman Sumatera Barat Ny Lucyanel Genius Umar beserta pengurus di Aula Gedung Seba Guna Dharma Wanita, Jalan Rotan Medan, Kamis (17/6/2021). Selain diisi dengan sesi tanya jawab, dalam pertemuan itu Ny Kahiyang Ayu Bobby Nasution juga menyempatkan diri memakaikan kain ulos ke Ketua Dekranasda Kota Pariaman sebelum akhirnya keduanya saling bertukar cinderamata.

 Dikatakan Ketua Dekranasda Kota Pariaman Ny Lucyanel Genius Umar dalam pertemuan itu, kedatangan pihaknya untuk bersilaturahmi serta belajar dan berbagi informasi (Sharing) terkait upaya peningkatan sektor UMKM. Dari pertemuan itu, pihaknya berharap dapat mempelajari pola, cara dan strategi Dekranasda Kota Medan dalam meningkatkan dan mengembangkan UMKM, khususnya di tengah pandemi Covid-19.

 "Terimakasih atas sambutan yang diberikan. Kedatangan kami ingin belajar bagaimana mengembangkan UMKM agar maju seperti Kota Medan. Kami ingin meningkatkan kualitas dan kapasitas pelaku UMKM, sehingga produk yang dihasilkan juga berkualitas dan dapat menambah pendapatan mereka," katanya.

 Sementara Ketua Dekranasda Kota Medan mengaku mengapresiasi kunjungan rombongan Dekranasda Pariaman di Medan yang dikenal  dengan keberagaman kulinernya. Terkait UMKM, ungkapnya, Dekranasda Kota Medan melakukan pendampingan dan pembinaan, agar pelaku UMKM dapat meningkatkan kemampuan, keahlian dan pemahaman dalam mengelola, memproduksi dan memasarkan produk-produknya.

 "Pendampingan dan pembinaan yang kami lakukan dari hulu hingga ke hilir terkait dengan pendataan, manajemen keuangan, mutu, produksi dan pemasaran, agar dapat meningkatkan daya saing mereka. Pemasaran produk kerajinan Dekranasda saat ini dilakukan melalui pasar tradisional dan ekspor, serta membangun kerjasama dengan e-commerce untuk pemasaran secara online," ungkapnya.

 Dijelaskan, pihaknya juga membantu pelaku UMKM untuk mempermudah mendapatkan izin usaha, agar masyarakat yakin membeli hasil produk UMKM yang dipasarkan serta menjamin kualitas dan keamanannya. Untuk mendukung program Pemko Medan di bawah kepemimpinan Wali Kota Medan Bobby Nasution untuk mewujudkan satu kelurahan satu sentra kewirausahaan (Sakasanwira), sambungnya, pihaknya melakukan pembinaan UMKM di semua kelurahan untuk menggali potensi yang ada, agar dapat menghasilkan produk unggulan yang bisa menjadi ciri khas dan oleh-oleh dari Kota Medan.

 Untuk itu, Kahiyang Ayu berharap diskusi dan eksplorasi potensi yang disampaikan dalam pertemuan tersebut dapat saling membantu kedua belah pihak dalam meningkatkan sektor UMKM di kota masing-masing.

 Selanjutnya, Ny Kahiyang Ayu Bobby Nasution mengajak rombongan meninjau gerai UMKM di Kantor PKK Kota Medan dan melihat produk-produk yang dihasilkan. (rel)

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)