Pemkab Samosir Ikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2021 - Bicara News | Bicara Membangun Nusantara

Header Ads

Header ADS

Pemkab Samosir Ikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2021

Bicaranews.com|Samosir - Bupati Samosir Vandiko T. Gultom, ST bersama Wakil Bupati Samosir Drs. Martua Sitanggang, MM, Kejari Samosir, Kapolres Samosir, Danramil Pangururan, Sekretaris Daerah, Asisten II, Asisten III, dan beberapa Pimpinan OPD mengikuti upacara peringatan hari lahir Pancasila Tahun 2021 yang dilaksanakan secara Virtual di Ruang Lobby Kantor Bupati Samosir, Selasa (01/06/2021). 

Presiden Republik Indonesia Ir Joko Widodo, bertindak sebagai Inspektur Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2021 bertempat di Gedung Pancasila, Jakarta. Presiden Jokowi mengenakan baju adat Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan.

Upacara diawali lagu Indonesia Raya dan Pembacaan Pancasila oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo dan Pembukaan UUD 1945 oleh Ketua DPR RI Puan Maharani. 

Presiden RI Joko Widodo dalam Sambutannya meyampaikan bahwa Peringatan Hari Lahir Pancasila di setiap tanggal 1 Juni harus benar-benar dimanfaatkan untuk mengokohkan nilai-nilai Pancasila dalam bermasyarakat, dalam berbangsa, dan dalam bernegara. 

"Walaupun Pancasila telah menyatu dalam kehidupan kita sepanjang Republik Indonesia ini berdiri, namun tantangan yang dihadapi Pancasila tidaklah semakin ringan. Globalisasi dan interaksi antarbelahan dunia tidak serta merta meningkatkan kesamaan pandangan dan kebersamaan. Yang harus kita waspadai adalah meningkatnya rivalitas dan kompetisi, termasuk rivalitas antarpandangan, rivalitas antarnilai-nilai, dan rivalitas antar ideologi," kata Presiden Joko Widodo mengawali sambutannya.

Presiden Joko Widodo menjelaskan Ideologi transnasional hingga radikal, yang cenderung semakin meningkat, memasuki berbagai lini kehidupan masyarakat dengan berbagai cara dan berbagai strategi. Hal ini juga didorong oleh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya teknologi digital yang memberikan kemudahan dalam berinteraksi, berdialog, dan.mengakses informasi secara global, termasuk konektivitas jaringan internet 5G yang cepat.

"Saudara-saudara sebangsa dan se-Tanah Air, menghadapi semua ini perluasan dan pendalaman nilai-nilai Pancasila tidak bisa dilakukan dengan cara-cara biasa. Diperlukan cara-cara baru yang luar biasa, memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, terutama Revolusi Industri 4.0. Dan, sekaligus Pancasila harus menjadi fondasi dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berke-Indonesia-an," kata Presiden Joko Widodo.

Pada kesempatan itu, Presiden mengajak seluruh aparat pemerintahan, tokoh agama, tokoh masyarakat, para pendidik, kaum profesional, generasi muda Indonesia, dan seluruh rakyat Indonesia untuk bersatu padu dan bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia Maju yang kita cita-citakan.

"Selamat memperingati Hari Lahir Pancasila, selamat membumikan Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara," ujar Presiden RI Joko Widodo mengakhiri sambutannya.(humas)

Diberdayakan oleh Blogger.