Kunjungi UMKM Pandai Besi Sitampurung, Bupati Taput fasilitasi Akte Notaris - Bicara News | Bicara Membangun Nusantara

Header Ads

Header ADS

Kunjungi UMKM Pandai Besi Sitampurung, Bupati Taput fasilitasi Akte Notaris

UMKM Sitampurung

Bicaranews.com|Taput - Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan , M.Si bersama Forkopimda didampingi Asisten II Osmar Silalahi , Kadis Koperasi Herli Sinaga , Kadis Perindag Gibson Siregar dan beberapa Pimpinan OPD tatap muka Ramah Tamah dengan Kelompok UMKM Pandai Besi Sitampurung Kecamatan Siborong-borong sekaligus serahkan kelengkapan perijinan dalam kepengurusan Akte Notaris kelompok UMKM, di Siborong-borong, (Senin, 10/05/2021). 

"Setelah akte Notaris kelompok kita fasilitasi, kita coba bentuk asosiasi di tingkat lebih tinggi lagi. Kita akan adakan mesin finishing alat alat yang dihasilkan pandai besi ini lebih bagus sehingga lebih mampu bersaing lebih luas lagi.  Juga sarana dan prasarana lainnya," ujar Bupati mengawali. 

"Selanjutnya perlu adanya pelatihan bagi pelaku pandai besi ini untuk menghasilkan produk yang berkualitas. Saya berani tawarkan produk Sitampurung ini kemana saja asal kualitas terjamin bagus. Untuk akte Notarisnya, Minggu ini harus selesai," ujar Bupati mengakhiri. 

Dalam Laporannya Kadis Koperasi Herli Sinaga dan Kadis Perindag Gibson Siregar menyampaikan tentang pembentukan kelompok UMKM Pandai Besi sebanyak 4 (empat) kelompok, yakni Kelompok Pandai Besi Rupma, Kelompok Mentari Sitampurung, Kelompok Manunggara dan Kelompok Millenial. Ada 2 (dua) instansi yang menaungi kelompok UMKM ini. 

Untuk keperluan Akta Notaris telah difasilitasi Dinas Koperasi dalam pengurusan

Nomor Induk Berusaha (NIB),  Ijin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK) dan Ijin Lokasi. 

Camat Siborong-borong Erwan Hutagalung menyampaikan bahwa masalah yang perlu dibenahi adalah kemampuan SDM untuk dilatih lebih baik, juga pemasaran sehingga mampu bersaing lebih luas lagi. "Ada kurang lebih 10 kelompok Pandai Besi di Desa Sitampurung, tetapi saat ini yang sudah siap berkas ada 4 kelompok," ujar Erwan mengakhiri.(Humas/bn)

Diberdayakan oleh Blogger.