Bupati Simalungun Tinjau Banjir di Kecamatan Girsang Sipangan Bolon - Bicara News | Bicara Membangun Nusantara

Header Ads

Header ADS

Bupati Simalungun Tinjau Banjir di Kecamatan Girsang Sipangan Bolon

Bicaranews.com|Parapat - Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga, SH didampingi Forkopimda meninjau bencana alam banjir di Kota Parapat Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Jumat (14/05).

Akibat banjir yang bercampur lumpur, bebatuan dan kayu tersebut menyebabkan beberapa rumah milik warga mengalami kerusakan. Sebelumnya, pada Kamis (13/05) pada saat terjadi banjir, Bupati langsung menuju lokasi banjir dan mengambil langkah-langkah untuk mengatasi material banjir yang mengganggu arus lalulitas di Kota Parapat dan upaya membantu masyarakat yang terdampak banjir.

Salah seorang warga yang rumahnya rusak berat terkena dampak banjir, Dewi Butar-butar saat Bupati menemuinya menyampaikan langsung permohonan kepada pimpinan Kabupaten Simalungun itu, agar diberikan bantuan keringanan membangun kembali rumahnya. “Tolong bantu saya Pak Bupati, agar rumah saya terbangun kembali dan saya bisa mencari nafkah untuk menghidupi keluarga,” ujarnya.

Menerima permohonan dari masyarakat tersebut, Bupati Simalungun mengatakan bahwa Pemkab Simalungun akan memberikan bantuan terhadap warga masyarakat yang korban akibat banjir tersebut untuk meringankan beban mereka.

“Saya sudah melihat dan bertemu dengan beberapa warga yang rumahnya mengalami kerusakan. Pemkab Simalungun, akan berikan bantuan untuk meringankan beban yang dirasakan warga dari dampak banjir tersebut,” kata Bupati.

Pada kesempatan itu, Bupati juga menyampaikan terima kasih kepada pihak TNI dan Polri beserta masyarakat yang telah membantu Pemkab Simalungun dalam membersihkan material banjir terutama jalan lintas jurusan Siantar-Parapat.

“Langkah-langkah antisipasi sudah kita lakukan, dan seluruh elemen masyarakat di Parapat sudah berpartisipasi, bahkan Polres, Dandim sudah bergerak cepat tanggap atas bencana ini. Terima kasih kepada TNI,  Polri dan masyarakat yang telah memberikan bantuan dalam rangka penanggulangan banjir,” ujar Bupati kepada wartawan dari berbagai media cetak dan elektronik.

Selain itu, Bupati juga berharap agar cuaca di daerah Parapat bisa semakin membaik, guna mempercepat penanganan bencana dan untuk dapat membuat langkah antisipasi berikutnya, agar bencana tidak terulang lagi.

Untuk mengantisipasi banjir susulan, Bupati Simalungun mengatakan, telah mempersiapkan alat berat dan petugas di titik-titik atau lokasi kerawanan banjir.(humas/bn)

Diberdayakan oleh Blogger.