Menteri Koperasi dan UKM Buka Pameran Ulos dan UMKM Se Kawasan Danau Toba - Bicara News | Bicara Membangun Nusantara

Header Ads

Header ADS

Menteri Koperasi dan UKM Buka Pameran Ulos dan UMKM Se Kawasan Danau Toba

Pameran Ulos

Bicaranews.com|Toba - Menteri Koperasi dan UKM RI diwakili Luhur Prajarto membuka secara resmi pameran UMKM dan Ulos se Kawasan Danau Toba yang diselenggarakan Komite Nasional Danau Toba (KMDT) di Sopo Marpikkir, Pantai Pasifik, Desa Patane IV, Kecamatan Porsea, Sabtu (10/4/2021). 

Dalam kegiatan itu, Prajarto juga sekaligus meresmikan pencanangan desa wisata binaan KMDT. Adapun 3 desa wisata binaan KMDT yakni, Desa Patane IV, Kecamtan Porsea, Desa Partor Janjimatogu dan Desa Sigaol Barat Kecamatan Uluan. 

Prajarto dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada KMDT yang memberikan perhatian kepada pelaku UMKM se Kawasan Danau Toba. Pelaksanaaan pameran UMKM dan Ulos, adalah salah satu ajang bagi pelaku-pelaku wisata untuk berinteraksi. 

Lanjut Prajarto, Wisata Danau Toba merupakan salah satu wisata super prioritas dan didukung oleh pemerintah. Hal itu tentu akan meningkatkan pendapatan masyarakat dan pelaku UMKM di lokasi wisata Danau Toba. 

Untuk meningkatkan ekonomi masyarakat di Kawasan Danau Toba, pemerintah daerah juga harus memberikan perhatian kepada masayarat, melalui pelatihan-pelatihan guna meningkatkan sumber daya masyarakat (SDM). 

Ketua Umum KMDT, Edison Manurung mengatakan, untuk meningkatkan ekonomi UMKM di Kawasan Danau Toba, KMDT telah melakukan kerjasama dengan kementerian terkait dan Bank. 

Tambah Edison, setelah diresmikannya desa wisata binaan KMDT, para pelaku UMKM akan difasilitasi menerima bantuan Kredit Usaha Rakyat (KUR). Sehingga nantinya usaha yang terkendela dengan modal akan dapat terbantu. 

"Berbagai kerjasama kita telah jalin untuk meningkatkan ekonomi masyarakat dan UMKM di Kawasan Danau Toba. Tentu hal ini juga dalam memajukan wisata Danau Toba yang mendunia," terangnya.

Wakil Bupati Toba, Tonny Simanjuntakdalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada KMDT, yang memberikan perhatian dan semangat untuk membangun Danau Toba. Kata Tonny  Pemkab Toba akan memfasilitasi kegiatan-kegiatan KMDT dalam memajukan wisata Danau Toba.

Ucapan terima kasih juga disampaikan HW Hutahean kepada Edison Manurung, yang telah memberikan pikiran untuk kemajuan Danau Toba. Pengusaha sukses ini juga meminta seluruh elemen masyarakat untuk mendukung kemajuan wisata Danau Toba. (sib/bn)

Diberdayakan oleh Blogger.