MTQ ke-52 Tingkat Kota Binjai Resmi Dibuka

MTQ ke-52 Tingkat Kota Binjai Resmi Dibuka

Rambe
By -
0

MTQ Kota Binjai

Bicaranews.com|Binjai - Wakil Wali Kota Binjai Drs H Amir Hamzah M AP buka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-52 Tingkat Kota Binjai, Senin (8/3/2021) di Gedung Olahraga Kota Binjai, Jalan Jambi Kelurahan Rambung Barat Kecamatan Binjai Selatan. 

MTQ yang akan  dilaksanakan selama 4 hari dari tanggal 08-11 Maret 2021 dibuka dengan dengan pemukulan beduk.

Acara berlangsung hikmat dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat dan hanya dihadiri sekitar 100 tamu undangan dari unsur Forkopimda, SKPD, OPD, Dewan Hakim dan tamu undangan lainnya. Setiap tamu undangan diberi handsanitizer, wajib memakai masker dan duduk sesuai jarak yang telah ditentukan. 

Dalam sambutannya, Wakil Wali Kota menyampaikan tujuan utama penyelenggaraan MTQ bukanlah untuk mengejar gelar juara semata. Akan tetapi lebih dari itu, yakni bagaimana kita mampu menjadi garda terdepan dalam melaksanakan pembangunan di bidang keagamaan dengan menyampaikan syiar Islam di tengah-tengah masyarakat khususnya generasi muda, sehingga generasi muda sebagai penerus pembangunan semakin mencintai Al Qur'an, semakin memahami arti, makna dan keindahan yang terkandung di dalamnya.

"Selain sebagai sarana dakwah dan syiar Islam, mudah-mudahan pelaksanaan MTQ tahun ini bisa menjadi salah satu sarana penyejuk jiwa dan rohani kita semua terlebih dalam situasi pandemi seperti ini", ucap Amir Hamzah.

Khusus kepada Dewan Hakim, Amir Hamzah mengingatkan agar bertindak adil dan tegas dalam melakukan penilaian terhadap peserta, sehingga nantinya diperoleh qari-qariah yang kompeten dan berkualitas untuk diikutkan pada penyelenggaraan MTQ tingkat Provinsi Sumatera Utara. Panitia juga diminta memperhatikan segala sesuatunya terkait dengan kesuksesan pelaksanaan MTQ ini, termasuk masalah kesehatan peserta. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan agar nantinya tidak terjadi hal-hal yang diinginkan. 

"Saya mengucapkan terimakasih keada LPTQ Kota Binjai, Organisasi keagamaan Islam beserta seluruh pihak yang telah berpartisipasi dan bekerja keras sehingga kegiatan ini dapat terlaksana", ujarnya. 

Ketua DPRD Kota Binjai H Sri Noor Alamsyah Putra menyampaikan siap mendukung sepenuhnya pelaksanaan MTQ. "Saya dan anggota DPRD lainnya siap mendukung penuh acara ini. Harapan kita nantinya agar Kota Binjai ini menjadi Kota yang bermartabat, kota yang maju dan kota yang berbudaya religius", ujarnya. 

Hal senada diucapkan Kakan Kemenag H Ainul Aswad MA yang juga Ketua LPTQ Kota Binjai mengatakan LPTQ ini sebagai salah satu penggerak, pembinaan dan pengembangan Al-Qur'an di Kota Binjai. Menurutnya kegiatan MTQ ini sebagai sarana pembentukan generasi muda yng berakhlak dan menjadi bagian yang sangat penting dalam mendukung terwujudnya Kota Binjai sebagai Kota yang religius, maju dan berbudaya.

MTQ ke -52 tingkat Kota Binjai diikuti peserta sebanyak 366 orang peserta. Adapun cabang yang diperlombakan diantaranya Cabang Mujawwad, Cabang Qira'at Saba'ah, Cabang Tahfizul Qur'an dan Tartil Qur'an, Cabang Syahril Qur'an, Cabang Fahmil Qur'an, Cabang Kottil Qur'an, dan Cabang Karya Ilmiah.(t/bn)

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)