Vaksinasi Covid-19 Tahap Pertama di Dairi, Bupati Berharap Para Tokoh dan Pejabat Publik Sebagai Contoh kepada Masyaralat dalam Pencegahan - Bicara News | Bicara Membangun Nusantara

Header Ads

Header ADS

Vaksinasi Covid-19 Tahap Pertama di Dairi, Bupati Berharap Para Tokoh dan Pejabat Publik Sebagai Contoh kepada Masyaralat dalam Pencegahan

Bicaranews.com|Sidikalang –  Para tokoh-tokoh ataupun pejabat publik yang terpilih dalam pelaksanaan vaksinasi tahap pertama diharapkan akan dapat memberikan contoh kepada masyarakat Kabupaten Dairi agar dapat mengikuti vaksinasi.

Hal itu disampaikan oleh Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu saat diwawancarai usai pencanangan covid-19 pada Rabu (3/2/2021) di Balai Budaya Sidikalang.
“Setelah ini seluruh para tenaga kesehatan selanjutnya akan di suntik vaksin covid-19, kemudian selanjutnya masyarakat yang akan mendapatkan suntuk vaksin,” ujar Bupati Dairi.
Untuk jumlah vaksin yang telah diterima oleh Kabupaten Dairi diutarakan Bupati Dairi sebanyak 2.360 dosis vaksin dan akan dilakukan penyuntikan vaksin sebanyak 2 kali.
"Saya minta penyuntikan vaksin ini akan selesai dalam waktu 3 hari, termasuk hari sabtu dan minggu, lalu 14 hari berikutnya akan dilakukan penyuntikan vaksin untuk yang ke dua kali,” tegas Beliau.
Untuk penyuntikan terhadap para tenaga kesehatan, Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu mengatakan akan dilakukan usai pencanangan vaksin pada hari ini, yakni mulai Kamis 4 Februari 2021. Sedangkan untuk tahapan pelaksanaan vaksinasi covid-19, Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu menyampaikan untuk tahap pertama yang menjadi prioritas adalah tenaga kesehatan kemudian tahap selanjutnya adalah satuan kerja yang berhadapan langsung dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat seperti TNI ataupun Polri.
Untuk tahap berikutnya disampaikan Dr. Eddy Keleng Ate Berutu adalah masyarakat pada umumnya yang berdasarkan kualifikasi tertentu yang telah ditentukan oleh tim medis vaksinasi covid-19.
“Pendistribusian vaksin sudah dilakukan di 18 puksesmas, 1 rumah sakit, 2 poliklinik TNI dan Polri,” jelas Beliau yang di dampingi oleh Wakil Bupati Dairi Jimmy Andrea Lukita Sihombing, SH.
Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu mengatakan untuk kesiapan pelaksanaan vaksin disetiap fasilitas kesehatan telah melakukan cek langsung ke setiap fasilitas kesehatan dan secara umum seluruhnya dalam hal persiapan vaksinasi sudah baik.
Oleh karena itu kepada seluruh masyarakat Kabupaten Dairi, Bupati Dairi menghimbau untuk ikut mensukseskan dan bersiap dalam vaksinasi covid-19.
"Siapkan fisik dan mental kita, vaksinasi ini adalah salah satu cara kita untuk memutus penyebaran covid-19. Walaupun sudah di vaksinasi, kita harus tetap mengikuti protokol kesehatan 5 M yakni menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas aktivitas,” pungkas Beliau dalam wawancaranya.
Dalam pencanangan vaksinasi covid-19, 8 pejabat publik dan tokoh agama mendapatkan kesempatan untuk dilakukan vaksin. Adapaun pejabat publik tersebut adalah Wakil Bupati Dairi Jimmy Andrea Lukita Sihombing, SH, Dandim 0206 Dairi Letkol. Arm. Adietya Yuni Nurtono, SH, Kajari Dairi Syahrul Juaksa Subuki, SH, MH, , Wakapolres Dairi Kompol David P. Silalahi, Wakil Ketua DPRD Dairi Halvensius Tondang, Sekretaris Daerah Kabupaten Dairi Drs. Leonardus Sihotang, Pastor Paroki Sidikalang Kartolo Malau, Ocarm, , dan Kepala Desa Belang Malum Sehat Hasiholan Hutauruk.(humas/bn)

Diberdayakan oleh Blogger.