Wisata Alam Seribu Gua Desa Banuarea Dambakan Perhatian Pemerintah - Bicara News | Bicara Membangun Nusantara

Header Ads

Header ADS

Wisata Alam Seribu Gua Desa Banuarea Dambakan Perhatian Pemerintah

Bicaranews.com|Pakkat - Wisata alam Seribu Gua merupakan salah satu dari sekian banyak obyek wisata alam di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumatra Utara, tepatnya di Desa Banuarea, Kecamatan Pakkat. 

Sejak Desember 2020, obyek wisata ini mulai dikembangkan oleh masyarakat sekitar. Ke depan, tempat ini akan memilik potensi yang besar menjadi wisata unggulan dan target destinasi untuk para wisatawan lokal, maupun nasional bahkan mancanegara. 

Wisata Seribu Gua yang tergolong unik karena memiliki banyak lorong/ bilik yang sangat panjang. Selain itu ada air terjun tiga tingkat di dalamnya, serta ukiran stalaktit dan stalagmit yang menghiasi dinding dan dasar gua. Ukiran–ukiran tersebut terbentuk sendirinya oleh pelapukan air sejak zaman dulu.

Jonikson Manullang, salah seorang pengunjung merasa terkagum - kagum saat berkunjung ke Seribu Gua. Dia mengatakan baru kali ini melihat pesona wisata alam yang sangat eksotis.
"Memang, perjalanan lumayan jauh dari Kota Dolok Sanggul, belum lagi infrastruktur jalan yang rusak parah, butuh waktu sekitar satu setengah jam sampai di lokasi. Tapi, saya puas saat melihat pesona goanya, terbayar rasa lelahnya," terang Jonikson, Rabu (20/1/2021).

Potensi wisata alam Seribu Gua, memang akan membawa dampak yang cukup besar bagi masyarakat Humbahas dan warga Desa Banuarea pada khususnya, baik itu ekonomi maupun sosial. Tetapi, apa mungkin wisatawan lokal, nasional ataupun mancanegara mau menginjakkan kakinya di bumi Banuarea kalau saja akses jalan menuju wisata Seribu gua di biarkan bak tanah tak bertuan?

"Ini kan potensi, kami berharap Pemkab Humbahas memberi perhatian, apalagi akses jalan menuju Banuarea sangat memperihatinkan," ujar salah seorang pemandu wisata bermarga Manullang.
Kepala Desa Banuarea, Alirman Simanullang mengatakan hal yang sama. Ia berharap adanya perhatian Pemkab terhadap akses jalan menuju objek wisata alam tersebut. 


"Ibarat mutiara, destinasi wisata alam Seribu goa butuh polesan/perhatian bukan pujian untuk saat ini." ujarnya.

Semoga saja Pemkab Humbahas segera berbenah, melirik sejuta peluang demi kemajuan Humbang Hasundutan yang HEBAT utamanya di sektor parawisata nantinya.

(sumber:medanbisnis)

Diberdayakan oleh Blogger.