Sah, Listyo Sigit Prabowo Resmi jadi Kapolri Gantikan Idham Azis - Bicara News | Bicara Membangun Nusantara

Header Ads

Header ADS

Sah, Listyo Sigit Prabowo Resmi jadi Kapolri Gantikan Idham Azis

Bicaranews.com|JAKARTA - Rapat Paripurna DPR akhirnya menyetujui hasil uji kepatutan dan kelayakan calon Kapolri Komisaris Jenderal Listyo Sigit Prabowo. 

Komjen Listyo akan dilantik Presiden Jokowi untuk menggantikan Kapolri Jenderal Idham Azis yang pensiun Februari 2021. 

Pengambilan keputusan atas hasil uji kepatutan dan kelayanan calon Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo diawali dengan pembacaan laporan oleh Wakil Ketua Komisi III DPR.

Setelah Roni, panggilan akrabnya, membacakan laporan, Ketua DPR Puan Maharani pun memimpin proses pengambilan keputusan. 

"Sidang dewan yang kami hormati. Sekarang perkenankan kami menanyakan kepada sidang dewan terhormat, apakah laporan Komisi III DPR atas hasil uji kelayakan terhadap calon Kapolri tersebut dapat disetujui?" kata Puan, yang dijawab "setuju" oleh peserta Rapat Paripurna. Rapat itu dihadiri 342 anggota terdiri dari yang hadir fisik 91, dan virtual 204. 

Pengambilan keputusan itu dihadiri langsung oleh Komjen Listyo Sigit Prabowo. Sigit dipersilakan Puan Maharani masuk ruang sidang untuk mendengarkan penyampaian laporan hasil uji kepatutan dan kelayakan, serta pengambilan keputusan. Sigit datang mengenakan pakaian dinas lengkap, memegang tongkat dan bermasker hitam. Sigit yang didampingi sejumlah perwira Polri, langsung duduk di tempat yang disediakan. 

Setelah pengambilan keputusan, Puan mempersilakan Sigit maju ke mimbar. Sigit mendapat ucapan selamat dan foto bersama dengan pimpinan DPR. 

"Pimpinan dewan mengucapkan selamat kepada calon Kapolri. Semoga dapat menjalankan tugas dengan baik, penuh tanggung jawab, dan amanat," kata Puan. 

Seperti diketahui, Sigit kemarin menjalani uji kepatutan dan kelayakan sebagai calon Kapolri di Komisi III DPR. Semua fraksi yang ada di DPR akhirnya sepakat menyetujui Sigit sebagai calon Kapolri, serta pemberhentian dengan hormat dari jabatan Kapolri Jenderal Idham Azis. Setelah hasil fit and proper test disetujui, DPR akan mengirimkan kepada Presiden Joko Widodo alias Jokowi. (jpnn/bn)

Diberdayakan oleh Blogger.