Gaji Aparat Desa di Dairi Akan Dibayarkan secara Non Tunai, Ini Kata Bupati! - Bicara News | Bicara Membangun Nusantara

Header Ads

Header ADS

Gaji Aparat Desa di Dairi Akan Dibayarkan secara Non Tunai, Ini Kata Bupati!

Bicaranews.com|SIDIKALANG - Bupati Dairi, Dr Eddy Keleng Ate Berutu terus mendorong terlaksananya program digitalisasi atau transaksi non tunai di Kabupaten Dairi. Transaksi Non Tunai ini menurutnya akan memberi dampak lebih dalam sebuah transaksi keuangan diantaranya lebih efisien, transparan, cepat dan tepat waktu. Terlebih dalam hal pengelolaan dan penggunaan anggaran daerah di Kabupaten Dairi.

Bupati Eddy Berutu mengatakan salah satu yang harus dilakukan juga terkait hal itu, yakni dalam hal penggajian para kepala desa dan para perangkat desa. Ia mendengar selama ini penggajian Kepala Desa dan Perangkat Desa menerima gaji tidak rutin di tiap bulan. 

Hal ini disampaikan Bupati Eddy Berutu dalam rapat bersama dengan pimpinan OPD, Camat serta dan Pendamping Desa, di ruang Rapat Bupati pada Jumat (8/1/2021).

"Hal ini harus segera dilakukan agar jajaran desa dapat semangat berkerja memberikan pelayanan yang baik kepada warga desanya dan tentu akan berdampak juga kepada perputaran ekonomi desa, jika penggajian sudah rutin," ujar Eddy Berutu.

Di kesempatan itu, Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu mengatakan anggaran yang dimiliki oleh Kabupaten Dairi saat ini sangat terbatas. Dan dengan anggaran yang sangat terbatas tersebut, Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu menginginkan Kabupaten Dairi menjadi Kabupaten yang Unggul. Oleh karena itu, Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu program dan anggaran harus di konsolidasikan yang basisnya akan berdampak langsung bagi masyarakat.

"Kuncinya adalah dengan anggaran yang terbatas maka harus di konsolidasikan, prioritaskan program yang berdampak langsung bagi masyarakat,” tegas Bupati Eddy Berutu.

Beberapa penekanan penting disampaikan oleh Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu dalam rapat tersebut, diantaranya terkait dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes), Beliau utarakan sebelum disahkan agar saling bersinergi antara Desa, Kecamatan dan Kabupaten sehingga tidak terjadi pelaksanaan program secara bersamaan. 

Selanjutnya, Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu juga menginstruksikan agar membentuk Forum Komunikasi Desa Unggul yang di dalamnya terdiri dari seluruh elemen terkait sehingga terjalin koordinasi yang baik antara desa yang satu dengan desa yang lain dalam menjalankan setiap program pembangunan di masing masing desa. 

“Jika ada setiap permasalahan di desa, dapat diatasi dalam forum itu. Forum ini juga diharapkan nantinya akan dapat bemanfat bagi masyarakat yang ada di setiap desa,” kata Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu.

Dalam rapat tersebut, Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu juga menginstruksikan agar menentukan desa wisata yang ada di setiap desa baik itu potensi  wisata pertanian ataupun wisata alam guna meningkatkan perekonomian desa. 

“Bapak Presiden telah menginstruksikan kepada seluruh Kepala Daerah agar seluruh anggaran yang ada cepat diserap dan tepat sasaran. Oleh karena itu setiap OPD dan juga Camat serta Kepala Desa untuk cepat menyerap setiap anggaran yang telah disediakan sehingga perputaran ekonomi dapat berputar dan hasilnya akan kita evaluasi,” pungkas Beliau dalam arahannya.

Turut hadir juga dalam rapat tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten Dairi Drs. Leonardus Sihotang, para tim dari Pendamping Desa dan Ketua Karang Taruna Kabupaten Dairi Jetun Tampubolon.(humas/bn)

Diberdayakan oleh Blogger.