Wisata Gua di Dolok Pinapan Menantang untuk Dikunjungi - Bicara News | Bicara Membangun Nusantara

Header Ads

Header ADS

Wisata Gua di Dolok Pinapan Menantang untuk Dikunjungi

Gua Dolok Pinanpan
Foto:Fb, Pokdarwis Banuarea

bicaranews.com|Pakkat - Indonesia adalah salah satu negara yang kaya dengan keindahan alamnya. Tak mengherankan jika kebanyakan dari tempat wisata di Indonesia ini terdiri dari wisata alam. Jika kita ingin mengunjungi setiap wisata alam yang ada di Indonesia sendiri, maka akan di perlukan waktu yang cukup lama untuk menyelesaikannya. 

Hal ini dikarenakan banyak sekali jenis dari wisata alam di Indonesia ini sendiri. Kita bisa menemukan keindahan alam mulai dari gunung, hutan, danau, sungai, dan hingga pantai. Setiap wisata tersebut pastinya akan membuat kita merasa senang dan terhibur. 

Foto:fb,Pokdarwis Banuarea

Sebagai salah satu negara yang masuk kedalam lingkar iklim tropis. Maka, bukanlah hal yang aneh jika indonesia sendiri memiliki banyak sekali destinasi wisata gua. Bahkan ada beberapa kota yang memiliki wisata gua lebih dari satu. Wisata gua di Indonesia, sendiri tak kalah indahnya jika dibandingkan dengan wisata yang lain. Salah satunya Gua yang berada dibawah Gunung Pinapan

Wisata Gua yang terletak di Desa Banuarea, Kecamatan Pakkat, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) ini bisa dikatakan merupakan salah satu gua yang sangat menantang untuk di jelajahi. Gua yang satu ini bisa dikatakan merupakan salah satu yang cukup lebar dan luas, dengan lorong yang cukup panjang. 

Foto:Fb,Pokdarwis Banuarea

Namun untuk dapat menjelajahi gua yang satu ini diperlukan pendamping yang sudah berpengalaman. Gua yang berada di Desa Banuarea dan Desa Sipagabu, Kecamatan Pakkat,  Kabupaten Humbahas, Sumut ini memiliki beberapa cabang gua didalamnya. Untuk dapat masuk ke gua yang satu kalian harus mendapatkan ijin khusus, selain itu juga dibutuhkan perlengkapan seperti senter, air minum, Sepatu anti licin. Karena untuk menjelajahi Gua ini kita akan menghabiskan waktu kurang lebih 1 Jam. 

Namun, jika ingin melakukan penjelajahan kedalam gua yang satu ini, sebaiknya kalian melakukannya di luar musim penghujan. Jika musim hujan tiba aliran sungai bawah tanah yang ada di gua ini, akan menjadi lebih besar dan bisa dikategorikan cukup berbahaya. 

Foto: Fb Pokdarwis Banuarea

Hal inilah yang menjadi alasan utama, kenapa untuk dapat menjelajahi gua yang satu ini di butuhkan pendamping yang sudah berpengalaman. Jika kalian sudah memasuki gua yang satu ini, keletihan akan hilang seketika saat melihat keindahan stalakmit dan stalaktit yang memukau. Kita juga dapat mengabadiakan nama kita didalam dengan menulisnya dengan batu kapur yang ada di dalam gua tersebut. (red) 

Diberdayakan oleh Blogger.