Tinjau Lokasi Banjir Tanjung Selamat, Menteri PUPR Basuki Berjanji akan Segera Memperbaiki Sungai - Bicara News | Bicara Membangun Nusantara

Header Ads

Header ADS

Tinjau Lokasi Banjir Tanjung Selamat, Menteri PUPR Basuki Berjanji akan Segera Memperbaiki Sungai

 

TINJAU: Menteri PUPR Basuki Hadimuljono didampingi Gubernur Sumut Edy Rahmayadi meninjau kondisi sungai Belawan di Perumahan De Flamboyan, Tanjung Selamat, Sunggal, Senin (7/12/2020).


Bicaranews.com|Medan - Menteri PUPR Basuki Hadimuljono didampingi Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi meninjau langsung kondisi sungai Belawan yang menerjang  Perumahan De Flamboyan, Tanjung Selamat, Sunggal, Sumut, Senin (7/12/2020).

Pantauan dilapangan pukul 11.20 WIB,  dalam kesempatan itu juga tampak Bupati Deliserdang Ashari Tambunan jajaran dan Kepala BPBD Sumut Riadil beserta jajarannya.

Basuki hadir bersama Gubernur Edy Rahmayadi dengan mengenakan kemeja putih langsung turun berjalan kaki menyusuri lumpur sambil memperhatikan kondisi aliran sungai dan rumah warga yang rusak diterjang banjir.

"Curah hujan yang tinggi sampai 560 mm akan kita tangani ini, ini terlalu curam sungainya. Ada dua hal, satu kita akan bikin groundsill (dam pengendali dasar sungai-red) di hilir, kedua melakukan pemadatan tanggul yang ada di bantaran sungai," ungkap Basuki kepada wartawan dilokasi.

Basuki juga menjelaskan dengan meninggikan dasar sungai, maka arus sungai tidak akan terlalu deras menghantam kiri dan kanan tebing. 
"Tebing ini juga tidak dibuat secara proper, karena kelihatan tidak ada pemadatan. Nanti akan kita padatkan dan sungainya kita perbaiki," ungkapnya. 

Ia juga berjanji akan segera melakukan pemadatan tanggul yang ada di bantaran sungai.  "Mudah-mudahan tiga minggu selesai karena Masih ada kemungkinan hujan yang lebih besar lagi yang akan datang menurut BMKG," jelasnya. 

Selain itu, Basuki mengaku dapat perintah langsung dari Presiden Jokowi untuk memantau kondisi di Tanjung Selamat ini. "Jadi banjir ini kan dimana-mana, di Aceh Utara juga ada. Pak Wamen kesana kami bagi tugas saya kesini karena ada di televisi ada beberapa korban jadi saya ditugaskan presiden untuk melihat ini," ujarnya.

Usai melakukan peninjauan dari bantaran sungai di perumahan De Flamboyan,  Tanjung Selamat,  Menteri PUPR didampingi Gubernur melanjutkan meninjau Medan Flood Control (MFC) yang berada di kawasan Titi Kuning, Kecamatan Medan Johor. Disana, Basuki tampak mengecek dan memperhatikan sistem dari waduk pengendali banjir tersebut. (t/bn)

Diberdayakan oleh Blogger.