Presiden Joko Widodo umumkan 6 menteri baru Kabinet Indonesia Maju, Sandiaga Uno Ditunjuk Jadi Menparekraf

Presiden Joko Widodo umumkan 6 menteri baru Kabinet Indonesia Maju, Sandiaga Uno Ditunjuk Jadi Menparekraf

Rambe
By -
0

Bicaranews.com|Jakarta - Presiden Joko Widodo mengumumkan 6 menteri baru Kabinet Indonesia Maju dari beranda Istana Merdeka Jakarta pada Selasa.

"Bapak, ibu saudara-saudara pada sore hari yang berbahagia ini bersama-sama dengan bapak Wakil Presiden ingin mengumumkan menteri-menteri baru yang akan duduk di anggota Kabinet Indonesia Maju untuk itu saya akan memperkenalkan satu per satu," kata Presiden Jokowi di beranda Istana Merdeka, Selasa.

Presiden Joko Widodo lalu memanggil 6 menteri baru yang seluruhnya memakai kemeja putih dan jaket biru.

"Tri Rismaharini saya kira kita tahu semua beliau adalah Wali Kota Surabaya dan saat ini ibu Tri Rismaharini akan kita berikan tanggung jawab untuk menjadi Menteri Sosial," kata Presiden.

Budi Gunawan Sadikin.

"Kemudian, bapak Budi Gunadi Sadikin, beliau sebelumnya adalah Dirut Bank Mandiri kemudian menjadi Direktur Utama PT Asahan Alumnunium dan terakhir menjadi Wakil Menteri BUMN dan sekarang kita berikan tanggung jawab untuk memimpin Kementerian Kesehatan," kata Presiden Jokowi.

Yaqut Cholil Qoumas.

" Yaqut Cholil Qoumas beliau adalah pemimpin Muslim, Ketua GP Ansor dan kita akan berikan tanggung jawab sebagai Menteri Agama," kata Presiden.

Sakti Wahyu Trenggono.

"Wahyu Trenggono, beliau sekarang ini menjabat sebagai Wakil Menteri Pertahanan dan akan kita berikan tanggung jawab untuk menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan," kata Presiden.

Terakhir adalah M Luthfi.

"M Luthfi beliau sebelumnya Menteri Perdagangan, Duta Besar untuk Jepang, dan Duta Besar Amerika Serikat, dan sekarang kita minta untuk memimpin Kementerian Perdagangan," kata Presiden Jokowi.

Pelantikan 6 menteri baru itu akan dilakukan pada Rabu, 23 Desember 2020.

Sandiaga Uno Ditunjuk Jadi Menparekraf 

Selanjutnya, pengusaha dan politisi Partai Gerindra Sandiaga Uno ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo untuk menempati posisi Menparekraf menggantikan Wishnutama Kusubandio.

Sandiaga Uno hadir di Veranda Istana Merdeka Jakarta, Senin sore, saat pengumuman perombakan kabinet dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Saya ingin mengenalkan Bapak Sandiaga Salahudin Uno, beliau dulu adalah Wakil Gubernur DKI Jakarta dan saat ini kita akan berikan tanggung jawab untuk memimpin Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,” kata Presiden Jokowi.

Presiden saat mengumumkan enam sosok yang akan menempati posisi menteri dalam kabinetnya itu didampingi oleh Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin.

Sandiaga Uno yang lahir di Rumbai Pekanbaru, Riau, pada 28 Juni 1969 itu mengenakan kemeja putih dan jaket biru sebagaimana calon menteri lainnya.

Sebelum penunjukkan tersebut, namanya telah beredar dalam bursa akan menempati posisi tersebut.

Bahkan juru bicara Sandiaga, Kawendra Lukistian sempat menyampaikan bahwa siapapun yang menempati pos Kemenparekraf mendapatkan tantangan yang sangat berat di tengah pandemi.

Kini Sandiaga yang segera dilantik esok hari, akan menggantikan posisi Wishnutama Kusubandio dan harus menyelesaikan berbagai persoalan yang menimpa sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Sandiaga yang lulus dari Wichita State University itu akan memimpin Kemenparekraf menekan dampak pandemi COVID-19 pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang terdampak signifikan oleh pandemi.(ant) 

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)