Menko Marves dan Mentan Tinjau Lahan Food Estate Humbahas: Ini Jadi Model untuk Pengembangan di Tempat Lain - Bicara News | Bicara Membangun Nusantara

Header Ads

Header ADS

Menko Marves dan Mentan Tinjau Lahan Food Estate Humbahas: Ini Jadi Model untuk Pengembangan di Tempat Lain

Bicaranews.com|Doloksanggul - Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Jenderal (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan bersama Menteri Pertanian (Mentan) Dr. H. Syahrul Yasin Limpo, SH, MH kembali meninjau pelaksanaan Food Estate Hortikultura yang berlokasi di Desa Ria-Ria Kecamatan Pollung, Jumat (18/12/2020).

Kunjungan kerja kedua Menteri itu turut didampingi Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas) Dosmar Banjarnahor, SE dan Kepala Balitbangtan Kementan Dr. Ir. Fadjry Djufry, M.Si.

Dilokasi Food Estate, Menko Marves, Mentan, Bupati Humbahas dan Kepala Balitbangtan Kementan meninjau secara lansung areal yang telah ditanami bawang merah dan bawang putih.  

Dalam kesempatan itu, Luhut menyampaikan bahwa Lokasi Food Estate di Kabupaten Humbang Hasundutan akan jadi model pengembangan food estate di daerah lain. 

"Food estate ini menjadi model untuk pengembangan food estate di tempat lain, kekurangan di tempat ini  akan diperbaiki di tempat lain dan berdasarkan data dari Balitbangtan bahwa hasil food estate ini sangat baik dan bisa dijadikan rujukan dalam pengembangan food estate hortikultura di lokasi lainnya," ujarnya. 

Luhut menambahkan dalam jangka 5 tahun ke depan, harapannya kita sudah bisa  swadaya hortikultura di Sumatera Utara. Terkait dengan lingkungan, ia menegaskan  bahwa hutan dilokasi food estate akan tetap dijaga dan terkhusus di lokasi food estate di Desa Ria-Ria, kontur kemiringan tanah yang hampir 15 derajat akan tetap dijaga dengan menanam tanaman keras seperti kopi dan makamadia. (humas/bn)

Diberdayakan oleh Blogger.