Ephorus Buka Sinode Godang HKBP ke-65, Sinodestan Diminta Merubah Kebiasaan - Bicara News | Bicara Membangun Nusantara

Header Ads

Header ADS

Ephorus Buka Sinode Godang HKBP ke-65, Sinodestan Diminta Merubah Kebiasaan

Bicaranews.com|Tarutung - Ephorus HKBP Pdt Dr Darwin Lumbantobing mengatakan, pelaksanaan Sinode Godang ke-65 merupakan pengalaman baru bagi HKBP karena dilaksanakan ditengah pendemi Covid-19.

Sinode Godang HKBP saat ini dapat dilaksanakan dengan ketentuan mempedomani protokol kesehatan.
Hal itu disampaikan dalam bimbingan pastoralnya pada acara pembukaan Sinode Godang, Kamis (10/12/2020) di Auditorium HKBP Seminarium, Sipoholon Tapanuli Utara.
Untuk itu diminta agar peserta sinode (sinodestan) konsisten melaksanakan protokol kesehatan selama bersinode dan menghargai pemerintah sehingga dapat menjalankan seluruh agenda sinode godang hingga selesai dan pulang ke tempat asal masing-masing dalam keadaan sehat.
Ia mengakui bahwa satu kelemahan manusia dan tidak terkecuali peserta Sinode Godang HKBP adalah merubah kebiasaan.
Satu kebiasaan selama ini menurutnya yaitu kebiasaan berkumpul dan bicara-bicara (bercengkrama-red). Tapi menjadi sesuatu yang tidak boleh dilakukan sesuai protokol kesehatan ditengah pendemi Covid-19.
Selain itu ada kebiasaan peserta sinode yakni berkunjung ke keluarganya setelah selesai bersinode. Ia mengakui hal mengunjungi keluarga ini sudah menjadi kebiasaan dan memang sulit merubah kebiasaan.
Namun ditekankan pada pelaksanaan sinode kali ini kalau sudah selesai sinode godang maka peserta sebaiknya pulang segera ke daerah/kota asal kedatangannya dan tidak perlu mengunjungi keluarga.
Ephorus mengakui sinode godang HKBP dapat terlaksana atas dukungan besar Uspida Taput terdiri dari Bupati Nikson Nababan, Kapolres, Kajari dan Satuan Gugus Tugas Covid-19 Tapanuli Utara. Karenanya ia menyampaikan terimakasih. "Pelaksanaan sinode dapat berlangsung nyaman, sejuk dan aman atas perhatian dan kepedulian Uspida Taput," sebutnya.
Sinode Godang HKBP dilaksanakan 9 - 13 Desember 2020 dalam rangka pemilihan pimpinan terdiri dari Ephorus, Sekjen, Kepala Dapartemen Diakonia, Kepala Dapartemen Koinonia, Kepala Dapartemen Marturia dan sebanyak 32 Praeses sebagai pimpinan distrik.
Sekira 1.300 orang peserta sinode terdiri dari utusan distrik dan pengurus lembaga HKBP berkumpul di Auditorium HKBP Seminarium Sipoholon, Kabupaten Tapanuli Utara selama pelaksanaan sinode. (*)
sumber:hariansib

Diberdayakan oleh Blogger.