DPRD Setujui Ranperda Tentang Pinjaman Daerah Jadi Perda Kota Medan

DPRD Setujui Ranperda Tentang Pinjaman Daerah Jadi Perda Kota Medan

Rambe
By -
0

Setujui Ranperda

Bicaranews.com|Medan - DPRD Kota Medan menyetujui Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Kota Medan tentang Pencabutan Peraturan Daerah Kota Medan Nomor 1 Tahun 2013, ditetapkan jadi Perda Kota Medan dalam Rapat Paripurna di Gedung DPRD Medan, Jalan Kapten Maulana Lubis, Selasa (1/12/2020), persetujuan dilakukan, dengan pembacaan konsep persetujuan bersama DPRD Medan dan Pemko Medan.

Persetujuan /pengambilan keputusan bersama antara Pimpinan DPRD Medan dengan Kepala Daerah Kota Medan. Penandatanganan dilakukan oleh Ketua DPRD Medan Hasyim SE dan Penjabat Sementara (Pjs) Wali Kota Medan Ir Arief Sudarto Trinugroho MT disaksikan para wakil ketua DPRD dan Sekda Kota Medan Ir Wiriya Alrahman MM.

Pjs Wali Kota mengatakan, pembangunan kota membutuhkan pembiayaan yang cukup besar. Sementara itu, di sisi lain, kemampuan anggaran pemerintah Kota Medan masih terbatas untuk membiayai seluruh pembangunan yang dibutuhkan masyarakat, baik menyangkut infrastruktur, sosial dan ekonomi.

"Pemko Medan tentu saja tidak akan sanggup sendirian menuntaskan seluruh permasalahan kota yang ada. Oleh karenanya, dukungan pembiayaan dari berbagai sumber sangat dibutuhkan pemerintah kota dalam mensukseskan pembangunan di Kota Medan," kata Pjs Wali Kota.

Dalam rangka percepatan pembangunan kota, maka Pemko Medan melakukan penguatan kapasitas fiskal daerah melalui pinjaman kepada lembaga pusat investasi pemerintah (PIP) yang merupakan salah satu unit teknis Kementerian Keuangan RI.

"Pinjaman pembiayaan tersebut rencananya akan digunakan untuk pembangunan sarana ekonomi dan sosial masyarakat berupa pasar tradisional dan pembangunan privat wings rumah sakit Dr. Pirngadi Medan," jelasnya dihadapan para anggota dewan dan sejumlah pimpinan OPD di lingkungan Pemko Medan hadir secara langsung maupun lewat sambungan virtual.

Diungkapkan Pjs Wali Kota, Pemko Medan pada dasarnya sudah siap memanfaatkan dan pinjaman tersebut. Namun, dengan keluarnya Keputusan Menteri Keuangan RI Nomor 232/PMK.06/2015 tanggal 21 Desember 2015 tentang Pelaksanaan Pengalihan Investasi Pemerintah Dalam Pusat Investasi Pemerintah menjadi penyertaan modal negara pada perusahaan PT Sarana Multi Infrastruktur, maka timbul berbagai hambatan dan kendala yang dihadapi Pemko Medan dalam memanfaatkan dana pinjaman tersebut.

"Mengingat banyaknya hambatan yang muncul dengan adanya pengalihan investasi dari lembaga pusat investasi pemerintah kepada PT Sarana Multi Infrastruktur, maka Pemko Medan mengkaji ulang perjanjian pinjaman daerah dengan pusat investasi pemerintah," ungkapnya.

Selanjutnya, Pjs Wali Kota mengaku bersyukur, berkat dukungan semua pihak, DPRD Medan dan Pemko Medan dapat menyetujui bersama Ranperda No.1/2013 tentang Pinjaman Daerah menjadi Perda. "Sesuai dengan ketentuan yang berlaku, selanjutnya hal ini akan disampaikan kepada pemerintah Provinsi Sumut untuk dievaluasi lebih lanjut," pungkasnya seraya berharap dapat mewujudkan tertib administrasi pemerintahan dan pembangunan di Kota Medan.

Atas nama Pemko Medan, Arief menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah berperan penting dalam pembahasan Ranperda tersebut. "Kepada Ketua DPRD, para wakil ketua, panitia khusus, komisi-komisi DPRD, para anggota dewan, jajaran di lingkungan Pemko Medan serta masyarakat atas dukungan yang diberikan," paparnya.(rel/bn)

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)