Dorong Peningkatkan Ekonomi Masyarakat, 1.053 Pelaku Usaha Perikanan dan 226 Pelaku Usaha IKM Terima Bantuan

Dorong Peningkatkan Ekonomi Masyarakat, 1.053 Pelaku Usaha Perikanan dan 226 Pelaku Usaha IKM Terima Bantuan

Rambe
By -
0

Bicaranews.com|PANDAN - Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng) Bakhtiar Ahmad Sibarani berikan bantuan kepada 1.053 pelaku usaha perikanan dan 226 pelaku usaha IKM (Industri Kecil dan Menengah) se-Kabupaten Tapanuli Tengah, untuk tahap awal diserahkan sebanyak 148 bantuan kepada pelaku usaha perikanan di Balairung Pasar Hajoran, Kecamatan Pandan pada Senin (30/11/2020).

Bantuan tahap awal tersebut berasal dari Dana Intensif Daerah Kabupaten Tapanuli Tengah yang diterima oleh Pelaku Usaha Perikanan yang tersebar di 3 kelurahan, yaitu Kelurahan Hajoran, Kelurahan Hajoran Indah, dan Kelurahan Muara Nibung Kecamatan Pandan.

Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani dalam Sambutannya menyampaikan, bantuan itu juga nantinya akan diberikan kepada pelaku usaha perikanan yang tersebar diberbagai kecamatan se Kabupaten Tapteng dengan total sebanyak 1.053 dan 226 pelaku usaha IKM. 

"Harapan saya kepada masyarakat yang menerima Bantuan ini agar dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk peningkatan Ekonomi Keluarga dan Masyarakat secara Umum. Kami juga akan terus berupaya meningkatkan pemberian Bantuan kepada Masyarakat Kabupaten Tapanuli Tengah agar ekonomi masyarakat semakin membaik dan bangkit," ucap Bupati.

Bakhtiar Ahmad Sibarani juga menghimbau masyarakat agar tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19 ini. 

Bantuan tahapa awal yang diberikan Bupati kepada Masyarakat Pelaku Usaha Perikanan di 3 kelurahan Kecamatan Pandan, yakni Jaring Salam diberikan kepada 3 orang, Alat Pancing untuk 7 orang, Genset untuk 98 orang, Cool Box untuk 18 orang, Cool Box Pemasaran untuk 18 orang, dan Benih Ikan Lele kepada 4 orang.

Untuk bantuan keseluruhan bidang kelautan dan perikanan yang disalurkan sebanyak 10 jenis bantuan yang diberikan kepada 1.053 orang masyarakat Tapteng, yaitu Alat Penangkapan Ikan Ramah Lingkungan (GIllnet), masing-masing menerima 2 set bantuan yang diberikan kepada 110 orang di Kecamatan Badiri, Pandan, Tapian Nauli, Sosorgadong, dan Sarudik.

Alat Penangkapan Ikan Ramah Lingkungan Jaring Kepiting, masing-masing menerima 2 set bantuan yang diberikan kepada 65 orang di Kecamatan Andam Dewi, Pandan, Sorkam, Sorkam Barat, dan Tapian Nauli.

Alat Penangkapan Ikan Ramah Lingkungan (Jaring Tenggiri), masing-masing menerima 2 set bantuan yang diberikan kepada 35 orang di DesaPasar Tarandam Kecamatan Barus.

Alat Penangkapan Ikan Ramah Lingkungan (Pancing Ulur) untuk Nelayan (ABK), masing-masing menerima 1 blong dan 1 pancing yang diberikan kepada 200 orang di Kecamatan Badiri, Kolang, Pandan, Sibabangun, Sarudik, Sorkam Barat, Tapian Nauli, dan Tukka.

Panel Surya Untuk Kapal Nelayan Tradisional, masing-masing menerima 1 set yang diberikan kepada 75 orang di Kecamatan Barus, Kolang, Pandan, Sarudik, Sosorgadong, dan Tapian Nauli. 

Genset untuk Nelayan Bagan Pancang, masing-masing menerima 1 set yang diberikan kepada 100 orang di Kelurahan Hajoran, Kelurahan Hajoran Indah, dan Kelurahan Muara Nibung Kecamatan Pandan. 

Coolbox untuk Nelayan Tradisional, masing-masing menerima 1 unit ukuran 100 kg yang diberikan kepada 168 orang di Kecamatan Andam Dewi, Barus, Badiri, Manduamas, Kolang, Pandan, Sarudik, Sorkam, dan Tapian Nauli. 

Benih Ikan Lele, masing-masing menerima 4.000 ekor benih ikan yang diberikan kepada 100 orang di Kecamatan Tapian Nauli, Badiri, Tukka, Pandan, Barus, Barus Utara, Andam Dewi, Sorkam, Sirandorung, Pinangsori, Sukabangun, Pasaribu Tobing, Sarudik, Sosorgadong, Sibabangun, dan Sorkam Barat.

Benih Ikan Nila, masing-masing menerima 1.761 ekor benih ikan yang diberikan kepada 50 orang di Kecamatan Sibabangun, Pandan, Tukka, Sarudik, Tapian Nauli, Sorkam, Sorkam Barat, Andam Dewi, Lumut, Barus, Sitahuis, Badiri, dan Kolang

Coolbox, masing-masing menerima 1 unit yang diberikan kepada 150 orang di Kecamatan Barus, Pandan, Lumut, Pinangsori, Sarudik, Sorkam Barat, Tapian Nauli, dan Tukka.

Sedangkan untuk bantuan IKM akan disalurkan 9 jenis bantuan kepada 226 pelaku IKM (Industri Kecil dan Menengah) yang terdiri dari Bantuan Spiner, terdiri atas Spiner 20 unit, Handsealer 30 unit yang diberikan kepada 30 IKM.

Bantuan Mesin Jahit dan Perlengkapan, terdiri atas Mesin Jahit 25 unit, Gunting kain 25 buah, Gunting Kertas 25 buah, Jarum pentul 25 kotak, Benang 25 lusin yang diberikan kepada 25 IKM.

Bantuan Manik-manik untuk aneka kerajinan, terdiri atas Manik-manik 200 kg, Benang Nylon karet 250 gulung yang diberikan kepada 5 IKM. Bantuan Garam 25 Ton yang diberikan kepada 100 IKM Perebusan Ikan.Bantuan Kacang Kedelai 20 Ton yang diberikan kepada 20 IKM Tahu dan Tempe.

Bantuan Bahan Baku, terdiri atas Tepung Terigu 3 Ton dan Minyak Goreng 3,5 Ton yang diberikan kepada 30 IKM Kerupuk. Bantuan Bahan Baku Talikur berwarna 200 gelang dan Talikur Cina 200 gelang yang diberikan kepada 5 IKM Pengrajin Talikur.

Bantuan Kemasan sebanyak 40.000 lembar yang diberikan kepada 10 IKM. Bantuan Kemasan Gula injit sebanyak 2.000 lembar yang diberikan kepada 1 IKM. (humas/bn)

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)