Dirut Tirtanadi : PDAM Tirtanadi Kini Layani Air Limbah Non Perpipaan. - Bicara News | Bicara Membangun Nusantara

Header Ads

Header ADS

Dirut Tirtanadi : PDAM Tirtanadi Kini Layani Air Limbah Non Perpipaan.

Bicaranews.com|Medan - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtanadi Sumatera Utara (Sumut) saat ini sudah melakukan program Layanan Lumpur Tinja Terjadwal (L2T2) yang merupakan program pertama kali di Sumatera Utara (Sumut) untuk layanan air limbah non perpipaan.

"PDAM Tirtanadi sebagai leadernya, kemudian sudah dimulai juga program L2T2 dibeberapa kabupaten dan kota di Sumut seperti Kota Tebing Tinggi, Kota Pematang Siantar, Kota Medan, Kabupaten Deliserdang dan Kota Sibolga," kata Direktur Utama (Dirut) PDAM Tirtanadi Sumut, Kabir Bedi dalam acara safari jurnalistik bersama Forum Wartawan Tirtanadi (Forwadi) di Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja (IPLT) PDAM Tirtanadi Jl Perkebunan/Purwosari, Jumat (18/12/2020).

Kegiatan Safari Jurnalistik dan sosialisasi L2T2 turut dihadiri Direktur Air Limbah PDAM Tirtanadi Fauzan Nasution, Kepala Divisi (Kadiv) Sekretaris Perusahaan (Sekper) PDAM Tirtanadi Humarkar Ritonga, Kacab Pemasaran Air Limbah Lokot Parlindungan Siregar serta Ketua Forum Wartawan Tirtanadi (Forwadi) Amrizal SH, MH serta pegawai PDAM Tirtanadi Sumut.

 Dirut PDAM Tirtanadi Kabir Bedi, lebih jauh mengatakan dalam membangun PDAM Tirtanadi ini, harus bergerak secara bersama-sama, tidak bisa hanya PDAM Tirtanadi saja maka kepedulian wartawan sangat diperlukan dalam menyajikan berita yang membangun sehingga masyatakat mengetahui kondisi yang sebenarnya.

Dikatakannya untuk produksi air,  saat ini mencapai 6.850 liter per detik atau sekitar 7 kubik per detik,  namun idealnya dengan kebutuhan masyarakat saat ini, PDAM Tirtanadi harus memproduksi air berkisar 11.000 hingga 12.000 liter per detik, maka harus membangun instalasi baru untuk memenuhi produksi air, barulah kebutuhan air masyarakat Kota Medan pada khususnya dapat terpenuhi.

Sementara itu Direktur Air Limbah PDAM Tirtanadi Sumut, Fauzan Nasution memaparkan tentang program L2T2 yang sudah mulai aktif sejak September 2020.

Dikatakannya septik tank yang benar itu haruslah kedap dan tidak bocor, sebab jika septik tank bocor, maka akan mencemari lingkungan.(humas/bn)

Diberdayakan oleh Blogger.