Cuman Dua di Sumut, Walikota Tebingtinggi Resmikan Pojok Baca Digital

Cuman Dua di Sumut, Walikota Tebingtinggi Resmikan Pojok Baca Digital

Rambe
By -
0

Bicaranews.com|Tebingtinggi  - Walikota Tebingtinggi Ir H Umar Zunaidi Hasibuan MM  meresmikan Pojok Baca Digital Dinas Perpustakaan kolaborasi dengan Dinas Kominfo dan Dinas Perkimsih, Rabu (16/12/2020) di Pojok Mimbar Astaka Eks MTQ Lapangan merdeka.

Walikota Tebingtinggi Ir H Umar Zunaidi Hasibuan MM mengatakan, ada gedung eks Mimbar Astaka MTQ yang dibangun cukup megah, tentunya perlu dimanfaatkan dengan maksimal. Jangan gedung yang sudah dibangun dengan biaya mahal tidak dimanfaatkan. Itu namanya pemborosan.

Oleh karena itu Kepala Dinas Perpustakaan mengatakan kepada saya, kita ada Pojok Baca Digital, kebetulan kita mendapat hibah dari Pemerintah Pusat tentang peralatan Pojok Baca Digital yang cuman 2 daerah di Sumut bersama Kabupaten Dairi.

"Untuk itu kita manfaatkan tempat ini untuk Pojok Baca Digital. Minimal tempat ini bisa dipergunakan untuk kegiatan yang baik. Masih berkaitan dengan pendidikan, karena Perpustakaan Pojok Baca itu tidak terlepas dari kepentingan pendidikan, baik formal maupun non formal," kata walikota.

Oleh karena itu kata walikota, kalau perpustakaan dikunjungi orang, berarti warga Tebingtinggi ini mengerti bahwa ilmu itu harus dikejar. Ini yang penting kita sadari dan bagaimana sekarang dengan kemajuan tehnologi membuat batas negara atau batas daerah itu hanya administratif. Bukan batas nyata, bukan batas rill.

Karena dengan kemajuan tehnologi dunia ini sekarang tidak ada batasnya. Dengan internet digital kita bisa mengetahui apa yang terjadi hari ini di negara lain. Termasuk informasi berita dan informasi ilmu. Jika hari ini ilmu yang kita dapat itu up to date, tetapi bisa saja kedepan ilmu tersebut sudah usang dan sudah termentahkan dengan teori-teori baru.

"Kalau dulu kita atau anak kita sakit, orang tua kita akan membungkusnya dengan kain agar tidak masuk angin. Kalau sekarang jika anak demam, semua pakaiannya dilepas agar panasnya keluar. Itulah salah satu contoh kemajuan ilmu," ungkap walikota.

Menurut walikota, perobahan-perobahan keilmuan yang terjadi seriap hari sebenarnya wajib kita ikuti. Bagaimana mengikutinya, ya tentunya dengan adanya basis Pojok Baca Digjtal ini. 

"Ada 3.360 buku digital yang ada disini yang bisa dibuka, tentunya Pojok Baca Digital ini bukan pojok baca berita-berita hoax. Tidak ada berita hoax disini. Disini buku yang bisa kita lihat, yang bisa jadi rujukan atau referensi kita," ujar walikota.

"Jadi hari ini kami sampaikan kolaborasi peralatan Pojok Baca ini dibuat oleh Dinas Perpustakaan Tebingtinggi dibantu oleh Pemerintah Pusat dan internetnya dibantu Diskominfo dan tempat dibawah naungan Dinas Perkimsih, ini merupakan suatu langkah kemajuan. Untuk mencapai satu hal yang baik, kolaborasi perlu dan Pojok Baca Digital ini perlu diapresiasi," kata walikota Umar Zunaidi. 

Peresmian dihadiri Kadis Perpustakaan Tebingtinggi Khairil Anwar, Kadis Kominfo Dedi Parulian Siagian, Kadis Perkimsih  Hasbie Asidhiqqih, Kadis Kesehatan dr H Nanang Fitra Aulia serta para penulis se Kota Tebingtinggi.(rel/bn)

Tags:

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)