Wakil Bupati Sampaikan Jawaban Pandangan Umum Fraksi DPRD Deli Serdang Terkait Nota Keuangan RAPBD TA 2021

Wakil Bupati Sampaikan Jawaban Pandangan Umum Fraksi DPRD Deli Serdang Terkait Nota Keuangan RAPBD TA 2021

Rambe
By -
0

Bicaranews.com|Lubuk Pakam - Wakil Bupati Deli Serdang H.M Ali Yusuf Siregar menghadiri rapat paripurna tentang jawaban dan keterangan pemerintah atas pandangan umum fraksi-fraksi DPRD Kab. Deli Serdang terhadap RAPBD TA 2021.Bertempat di ruang sidang paripurna DPRD kabupaten Deli Serdang, Jumat (6/11) Lubuk Pakam. 

Sidang paripurna tersebut dipimpin Wakil Ketua Amit Damanik didampingi Nusantara Tarigan Silangit .hadir anggota DPRD Deli Serdang lainnya, Sekdakab Darwin Zein S.Sos beserta para staf ahli, asisten dan Kepala OPD dan Kabag.
Wakil Bupati Deli Serdang HM Ali Yusuf Siregar membacakan jawaban dan keterangan Pemerintah mengatakan penyusunan R.APBD tahun anggaran 2021 merupakan bagian dari siklus pengelolaan keuangan daerah sebagaimana diatur dalam peraturan Nomor 12 tahun 2019 tentang pengelolaan keuangan daerah yang teknis penyusunannya berpedoman kepada kemendagri Nomor 64 tahun 2020 tentang pedoman penyusunan anggaran pendapatan dan belanja daerah tahun anggaran 2021 dan peraturan bupati Deli Serdang Nomor 60 tahun 2020 tentang rencana kerja pemerintah daerah kabupaten Deli Serdang tahun 2021.
Dalam sidang paripurna, diantaranya penjelasan fraksi Gerindra tentang kenaikan target PAD agar sesuai dengan realisasinya. Pemkab memberikan jawaban bahwa pemerintah terus melakukan pemerataan pembangunan, sehingga masyarakat yang berada jauh dari Ibukota juga dapat merasakan pemerintah hadir sampai tingkat pedesaan yang sulit terjangkau. Lalu terdapat juga tujuh padangan,saran dan tanggapan yang seluruhnya menjadi delapan poin untuk diberikan jawaban oleh Pemkab  Deli Serdang.
Selanjutnya penjelasan atas padangan umum fraksi PDI Perjuangan yang disampaikan oleh Antony Napitupulu.  Harapan dari fraksi PDI Perjuangan mengenai pembahasan tingkat lanjutan tentang penanggulangan COVID-19 pada tahun 2021,dan PEMKAB sependapat untuk dibahas pada pertemuan selanjutnya sesuai dengan yang dijadwalkan. Kemudian ada lima poin lainnya yang disampaikan oleh fraksi PDI Perjuangan mengenai R.APBD kabupaten Deli Serdang.
Fraksi Golkar dalam pandangannya memberikan tujuh pandangan yang disampaikan oleh drs.Rahman yang sebagian diantaranya, terkait pertumbuhan ekonomi kabupaten Deli Serdang yang mengalami penuruan seiring dengan penyebaran pandemi Covid-19 yang menekan sebagian besar pertumbuhan lapangan usaha sehingga dapat dimaklumi. Kemudian harapan agar pemerintah kabupaten Deli Serdang menguatkan implementasi kerja nyata disemua sektor, sehingga meskipun di tengah pandemi Covid-19 target pendapatan dalam APBD tahun 2021 dapat tercapai dan Pemkab sependapat dengan hal tersebut untuk tetap menjadi komitmen dan harapan bersama serta terdapat lima pandangan umum lainnya terkait R.APBD.
Fraksi NASDEM dalam pandangannya, terdapat dua poin yang salah satunya merupakan harapan agar dalam melakukan pengelolaan keuangan daerah harus memperhatikan keterkaitan antara program, strategi dan kebijakan umum dalam pencapaian sasaran pembangunan sehingga tujuan pembangunan dapat terlaksan. Pemkab  juga sepakat bahwa dalam penyusunan R.APBD tahun anggaran 2021 telah selaras dengan arah kebijakan dan prioritas pembangunan yang telah ditetapkan dalam RPJMD kabupaten Deli Serdang tahun 2019-2024 dan RKPD kabupaten Deli Serdang tahun 2021 dengan tetap memperhatikan kemampuan keuangan Daerah.
Selanjutnya dari Fraksi Keadilan Sejahtera, mengusulkan agar Jalan Jati Dusun VII Desa Patumbak I, Jalan Masjid Desa Purwodadi kecamatan Sunggal, Jalan Kenangan Dusun V Desa Bangun Sari, Pemkab memberikan tanggapan positif yang mana ruas jalan tersebut akan ditangani secara bertahap. Kemudian perbaikan kinerja jajaran direksi PDAM Tirta Deli, meningkatnya pelayanan suplai kebutuhan air dan berharap pergantian direksi PDAM Tirta Deli, terkati hal tersebut PEMKAB akan mempekajari sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan terdapat empat pandangan umum lainnya dari fraksi PKS.
Pandangan umum lainnya juga diberikan oleh Fraksi Demokrat dimana terdapat tujuh poin yang diantaranya harapan agar kebijakan politik ekonomi berdampak langsung kepada usaha kecil menengah agar roda perekonomian masyarakat dapat bertahan di era pandemi. PEMKAB memberikan kejelasan bahwa tema pembangunan tahun 2021 adalah pemulihan kesejahteraan masyarakat mellalui transformasi ekonomi dan infrastruktur terintegrasi yang salah satu fokus pembangunannya diarahkan untuk IKM/UKM dan investasi.
Sama seperti Fraksi lainnya, Fraksi PAN juga memberikan enam pandangan terkait R.APBD yang diantaranya mengenai penyusunan rancangan anggaran didasarkan pada visi,misi,tujuan, sasaran, program dan kegiatan mempedomani kebijakan dan prioritas pembangunan nasional. Pemkab memberikan jawaban yaitu bahwa penyusunan R.APBD tahun 2021 yang didahui dengan penyusunan RKPD tahun 2021 telah sinkron dengan tujuh  prioritas pembangunan nasional serta diarahkan dalam pencapaian sasaran daerah tahun berkenan.
Selanjutnya penjelasan atas pandangann umum dari Fraksi persatuan pembangunan Indonesia  (F.PPI), terkait target pendapatan daerah tahun 2021 harus dapat direalisasikan dalam rangka mencapai prioritas pembangunan yang ditetapkan pemerintah kabupaten Deli Serdang. Atas pandangan tersebut Pemkab setuju dan sependapat karena hal tersebut merupakan komitmen dan harapan bersama dan ada enam pandangan lainnya yang beberapa diantaranya serupa dengan saran dari Fraksi lain yang telah dijawab bupati.
Terakhir pandangan dari fraksi Kebangkitan Bintang Nurani Rakyat (F.KBNR) diantaranya memberikan saran agar pemerintah kabupaten Deli Serdang terus berinovasi untuk meningkatkan sistem pendidikan ditengah pandemi Covid-19 yang belum diketahui kapan berakhir. Pemkab menjelaskan bahwa pemerintah kabupaten Deli Serdang terus meingkatkan inovasi pelayanan pada bidang pendidikan untuk mewujudkan desa satu ( Deli Serdang Sekolah Bermutu), pada tahun 2020 telah  berhasil meraih penghargaan TOP 45 inovasi layanan publik yang dilaksanakan KEMENPAN-RB. Terdapat lima lagi saran atau pandangan dari F.KBNR yang totalnya menjadi enam pandangan yagn beberapa  diantaranya serupa dengan saran dari Fraksi lain yang telah dijawab bupati.(rel/bn)

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)