Ramai Seruan Boikot, Produk Prancis di Indonesia Apa Saja?

Ramai Seruan Boikot, Produk Prancis di Indonesia Apa Saja?

Rambe
By -
0

Bicaranews.com|Jakarta - Sikap Presiden Prancis Emmanuel Macron terhadap karikatur Nabi Muhammad berujung pada seruan boikot produk Prancis. Banyak negara di belahan dunia menyerukan aksi boikot produk Prancis. Produk Prancis di Indonesia apa saja?

Indonesia termasuk salah satu negara yang menyerukan boikot produk Prancis. Di Indonesia sendiri lumayan banyak produk Prancis, bahkan beberapa di antaranya sering dikonsumsi. Apa saja produk Prancis yang ada di Indonesia?

Mengutip CNBC Indonesia, Selasa (3/11/2020), nilai ekspor produk-produk Prancis yang ke Indonesia mencapai US$ 1,68 miliar pada 2018. Di tahun berikutnya, nilai ekspor produk Prancis ke RI naik menjadi US$ 1,8 miliar atau setara dengan Rp 26,1 triliun (kurs Rp 14.500).

Hubungan dagang Indonesia dengan Prancis memang tidak sebesar dengan negara-negara Uni Eropa lainnya seperti Italia dan Jerman.

Produk Prancis yang paling banyak diimpor Indonesia adalah pesawat terbang dan komponennya yang mencapai lebih dari 45% dari total impor. Prancis sendiri memiliki perusahaan manufaktur pesawat terbang bernama Airbus yang bermarkas di Toulouse. Berbagai maskapai Indonesia menggunakan pesawat tersebut.

Selain itu ada juga produk medis yang diimpor dari Prancis hingga bahan baku industri terutama untuk mesin dan peralatan listrik. Tak hanya itu produk-produk konsumen seperti minuman beralkohol, air dadih hingga kosmetik dan perawatan diri juga didatangkan RI dari Prancis.

BPS mencatat sepanjang Januari-Juli 2020 nilai total impor dari Prancis mencapai US$ 682 juta, turun 17% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Produk yang diimpor Indonesia antara lain, senjata dan peluru 282,029 kg, senilai US$ 71,9 juta. Selain itu, pulp and waste paper 111,8 juta kg, senilai US$ 45,9 juta. Juga ada impor mesin dan motor termasuk suku cadang 699.281 kg senilai US$ 436 juta.

Tercatat juga produk kesehatan dan farmasi sebanyak 681.044 kg, nilainya US$ 33,9 juta. Produk lainnya yaitu kedelai 120.743 kg nilainya US$ 73.370. Indonesia juga mengimpor mentega 286.790 kg nilainya US$ 238 juta.

Sementara itu, produk Prancis yang terkenal di Indonesia seperti di bawah ini

-Produk Prancis Fesyen

Chanel, Hermès, Louis Vuitton, Yves Saint Laurent, Lacoste, dan Pierre Cardin

- Produk Prancis Kosmetik

L'Oreal, dan Garnier

- Produk Prancis Makanan dan Minuman

Danone, dan Kraaft

- Produk Prancis Otomotif dan Energi

Renault, Peugeot, Michelin, Total, dan Elf

- Penginapan

Accor (Ibis, Fairmont, Pullman, Novotel, Raffles, dan Mercure)

Sementara itu, Majelis Ulama Indonesia (MUI) juga telah mengeluarkan surat imbauan untuk memboikot produk Prancis. Surat tersebut ditandatangani oleh Sekretaris Jenderal Anwar Abbas dan Wakil Ketua Umum Muhyiddin Junaidi, tertanggal 30 Oktober 2020.

"Memboikot semua produk yang berasal dari negara Prancis (Produk Prancis) serta mendesak kepada Pemerintah Republik Indonesia untuk melakukan tekanan dan peringatan keras kepada Pemerintah Prancis serta mengambil kebijakan untuk menarik sementara waktu Duta Besar Republik Indonesia di Paris hingga Presiden Emmanuel Macron mencabut ucapannya dan meminta maaf kepada Ummat Islam se-Dunia," bunyi surat iimbauan tersebut.(detikcom)

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)