Pemkab Deli Serdang Raih Penghargaan dari Kemenkeu RI Atas LKPD TA 2019

Pemkab Deli Serdang Raih Penghargaan dari Kemenkeu RI Atas LKPD TA 2019

Rambe
By -
0

Penghargaan

Bicaranews.com|Lubuk Pakam - Kabupaten Deli Serdang kembali mendapatkan penghargaan atas keberhasilannya menyusun dan menyajikan Laporan Keuangan Tahun 2019 dari Kementerian Keuangan karena Kabupaten Deli Serdang mendapatkan opini  Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dalam Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) TA 2019 dari Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan Sumut. 

Wujud dari keberhasilan tersebut, Menteri Keuangan memberikan penghargaan melalui Dirjen Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sumut yang diwakili oleh Kepala Bidang PAPK, Mercy Monika R. Sitompul. Penghargaan tersebut diberikan di Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara ( KPPN ) Tebing Tinggi, Kamis (12/11). Sebelumnya, Kabupaten Deli Serdang juga mendapatkan penghargaan yang sama di Tahun 2019.

Hadir pada penerimaan Penerimaan penghargaan dari Kemenkeu tersebut,  Mewakili Bupati Deli Serdang, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Drs. Agus Ginting M.Si, Walikota Tebing Tinggi H. Umar Zunaidi Hasibuan dan Kepala Inspektorat Kabupaten Serdang Bedagai, H. Gustian, SE, MM, Ak, Kepala KPPN Tebing Tinggi Anonom Cony Fetti Sitinjak.

Kepala Dirjen Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sumut yang diwakili oleh Kepala Bidang PAPK, Mercy Monika R. Sitompul mengatakan kegiatan ini merupakan tindak lanjut Rapat Kerja Nasional Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Tahun 2020 yang telah dilaksanakan oleh  Penyerahan Plakat WTP atas Capaian Opini LKPD Tahun 2019 Kementerian Keuangan pada tanggal 22 September 2020 secara virtual. Tahun ini pemerintah pusat kembali meraih Opini WTP untuk Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) dan Laporan Keuangan Bendahara Umum Negara (LK BUN) tahun 2019. Pencapaian ini tentunya didukung dengan semakin meningkatnya kualitas dari Laporan Keuangan Kementerian dan Lembaga (LKKL) audited tahun 2019 yang ditandai dengan meningkatnya jumlah opini WTP dari LKKL, dari sebelumnya 81 menjadi 84 pada Tahun Anggaran 2019 dari total 87 K/L. Pencapaian positif juga dialami pada pengelolaan keuangan daerah.

Pada tahun 2019, terdapat 486 dari 542 atau 89,7% Pemerintah Daerah di seluruh Indonesia yang mendapatkan opini WTP pada Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD), yang terdiri dari 34 Pemerintah Provinsi, 87 Pemerintah Kota dan 365 Pemerintah Kabupaten di seluruh Indonesia. Bila dibandingkan dengan tahun 2018, keberhasilan Pemda yang meraih opini WTP atas LKPD tahun 2019 meningkat sebesar 7,9% .
Untuk Sumatera Utara, dari 34 Pemerintah Daerah, 21 Pemda berhasil memperoleh opini WTP dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Tahun ini Kota Tebing Tinggi, Kabupaten Deli Serdang dan Kabupaten Serdang Bedagai kembali memperoleh opini WTP atas LKPD tahun 2019.
Hal ini merupakan capaian yang sangat membanggakan dan patut diapresiasi. Sebagai wujud apresiasi pemerintah atas capaian tersebut, Menteri Keuangan memberikan penghargaan kepada Pemerintah Kota Tebing Tinggi, PemerintahKabupaten Deli Serdang dan Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai berupa Piagam WTP karena telah berhasil  penyerahan Plakat WTP atas Capaian Opini LKPD Tahun 2019 memperoleh opini terbaik dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

"Saya sangat mengapresiasi atas capaian opini WTP yang telah diraih. Berharap capaian tersebut dapat dipertahankan dan ditingkatkan lagi pada tahun mendatang. Capaian opini terbaik atas laporan keuangan merupakan salah satu indikator dari praktik pengelolaan keuangan negara yang sehat sesuai dengan ketentuan perundang-undangan dan best practices. Capaian opini terbaik tidak semata-mata ditentukan oleh penyajian laporan keuangan yang berkualitas dan kecukupan pengungkapan, tetapi juga ditopang oleh efektivitas sistem pengendalian intern yang memadai serta kepatuhan terhadap perundang-undangan. Capaian WTP juga merupakan indikator semakin meningkatnya tata kelola di Pemda. Tidak hanya di dalam mengeloa keuangan negara, Barang Milik Negara, namun di dalam menjalankan fungsi dan tanggung jawab pemerintahan,"ungkap Mercy.

Oleh karena itu, tambah Mercy, apa yang diraih oleh Pemerintah Kota Tebing Tinggi, Pemerintah Kabupaten Deli Serdang dan Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai merupakan wujud komitmen yang kuat dari seluruh jajaran di lingkungan Pemda dalam membangun akuntabilitas kinerja. "Saya yakin bahwa capaian ini bisa diraih juga karena didukung para aparatur yang berkualitas dan sistem manajemen keuangan yang semakin baik serta penjaminan mutu (quality assurance) yang dilakukan aparat pengawas internal dengan baik pula," imbuhnya.
"Untuk itu, ke depan saya berharap Pemerintah Kota Tebing Tinggi, Pemerintah Kabupaten Deli Serdang dan Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai akan terus berupaya untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pengelolaan keuangan negara dalam mewujudkan pengelolaan keuangan daerah yang sehat dan akuntabel. Setelah opini WTP atas LKPD tahun 2019 berhasil didapatkan, Penyerahan Plakat WTP atas Capaian Opini LKPD Tahun 2019 Tantangan selanjutnya adalah terus mempertahankan dan meningkatkan kualitas pertanggungjawaban pengelolaan keuangan negara," lanjut Mercy.

Setiap tahun besaran APBN dan APBD kita semakin bertambah. Ini berarti kewajiban kita untuk mempertanggungjawabkannya semakin besar pula. Selain mengantisipasi hal-hal yang menjadi potensi masalah atas pelaksanaan anggaran di tahun 2019, untuk mempertahankan opini WTP kita harus memperhatikan apa yang menjadi temuan atau catatan dari BPK atas LKPD tahun lalu.
Hal ini untuk memastikan terjadinya proses perbaikan secara terus menerus sehingga kita tidak lagi melakukan kesalahan yang sama. Terhadap apa yang menjadi catatan BPK ini, para pejabat pengelola keuangan daerah diharapkan untuk dapat segera mengambil langkahlangkah penyelesaian secara konkret dan sekaligus melakukan antisipasi agar temuan tersebut tidak terjadi lagi pada masa-masa mendatang. (rel/bn)

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)