Libur Panjang, 22 Ribu Lebih Wisatawan Kunjungi Objek Wisata di Samosir - Bicara News | Bicara Membangun Nusantara

Header Ads

Header ADS

Libur Panjang, 22 Ribu Lebih Wisatawan Kunjungi Objek Wisata di Samosir

Bicaranews.com|Samosir - Meski masih dalam suasana pandemi virus corona (Covid-19), pengunjung objek wisata yang ada di Kabupaten Samosir sekitar 22.504 orang wisatawan sejak masa libur panjang, Rabu - Minggu (28-31/10 hingga (1/11). Jumlah pengunjung tersebut dihitung melalui retribusi resmi di objek wisata dan hunian hotel.

Hal tersebut disebutkan Kadis Pariwisata Samosir, Dumosch Pandiangan, Minggu (1/11/2020) seperti dilansir Hariansib.com.

Dumosch menjelaskan, Para pengunjung wisata tersebut masuk dari 3 pintu lewat jalur Danau yaitu pelabuhan Fery Ambarita, pelabuhan Fery Tomok dan pelabuhan Fery Simanindo termasuk pelabuhan kapal kayu dan 1 pintu keluar-masuk lewat jalur darat melalui yaitu jalan Tele - Pangururan.

Selanjutnya Dumosch mengatakan, dari puluhan objek wisata yang ada di Kabupaten Samosir yang lebih diminati para wisatawan ada 3 objek yaitu, Pantai Pasir Putih (Pasput) di Kecamatan Pangururan, Air Terjun Efrata dan Menara Pandang Tele di Kecamatan Harian dan beberapa objek wisata yang dikelola swasta.

"Sebelum masa libur pihak Pemkab Samosir melalui Dinas Pariwisata sudah melakukan sosialisasi kepada semua  pemilik dan pelaku usaha di objek wisata supaya menjalankan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah untuk memutus mata rantai Covid-19. Bukan itu saja para pemilik dan pelaku usaha di objek wisata membuat surat pernyataan mereka bersedia ditindak apabila tidak menjalankan protokol kesehatan," jelas Dumosch.

Sementara itu,  Kadis Kominfo yang juga Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Samosir mengatakan bahwa penjagaan dan pemeriksaan di pintu-pintu masuk sudah kembali dilakukan sebelum para pengunjung masuk ke Samosir, seperti cek suhu, cuci tangan dan menggunakan masker.

Salah seorang pelaku usaha wisata di Pantai Pasir Putih, Pantas Simarmata meminta agar Dinas Pariwisata menambah personil disaat musim libur di objek wisata guna memantau dan patroli menegur para pengunjung wisata yang mengabaikan protokol kesehatan. 

Dikutip dari Hariansib, Pjs Bupati Samosir Lasro Marbun mengatakan adapun 22.504 kunjungan Wisata ke Kabupaten Samosir sejak, 28 Oktober hingga 1 November 2020 dengan rincian sebagai berikut, kunjungan/penginap Hotel sebanyak 8.144 orang, kunjungan ke objek wisata pemerintah sebanyak 7.349 orang dan kunjungan ke objek wisata swasta sebanyak 7.011 orang jadi total kunjungan Wisatawan sebanyak 22.504 orang

Adapun Top 3 Objek Wisata Pemerintah yang ramai dikunjungi wisatawan yaitu Pantai Pasir Putih, Air Terjun Efrata dan Menara Pandang Tele dan Top 3 objek wisata swasta yang ramai dikunjungi wisatawan adalah Pantai Sigurgur Beach, Batu Hoda Beach dan Bukit Holbung. 

"Penerapan Protokol Kesehatan pada umumnya sudah berjalan dengan baik namun masih ditemukan pengunjung yang belum disiplin ketika sudah berada di kawasan Objek Wisata. Satgas yang terdiri dari Sat Pol PP dan Kelpolisian telah melakukan sosialisasi penegakan Perbup," sebut Lasro. (hariansib/bn)

Diberdayakan oleh Blogger.