DKP Provsu Salurkan Bantuan Bibit Ikan untuk 13 pokdakan Tapteng yang Terdampak COVID-19 - Bicara News | Bicara Membangun Nusantara

Header Ads

Header ADS

DKP Provsu Salurkan Bantuan Bibit Ikan untuk 13 pokdakan Tapteng yang Terdampak COVID-19

Balai Benih Ikan

Bicaranews.com|Tapteng - Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsu Sumatera Utara, menyalurkan bantuan bibit ikan yang besumber dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumatera Utara, untuk 13 Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) yang ada di Kabupaten Tapanuli Tengah, yang terdampak COVID-19.

Penyerahan bibit ikan beserta pakan ini dilangsungkan di Balai Benih Ikan (BBI) Kabupaten Tapanuli Tengah, yang ada di Kecamatan Sibabangun, Selasa (24/11).
Menurut Kepala Seksi Konservasi Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sumut, Pardamean Lubis yang turun langsung menyerahkan bantuan itu mengatakan, jumlah bibit ikan yang disalurkan sebanyak 130.000 ekor, terdiri dari bibit ikan lele dan nila, ditambah dengan pakan sebanyak 5.850 Kg, untuk 13 Kelompok Pembudidaya Ikan yang ada di Kabupaten Tapanuli Tengah.
“Sesuai dengan proposal yang masuk, ada 13 kelompok pembudidaya daya ikan dari Kabupaten Tapanuli Tengah yang mengajukan bantuan berupa bibit ikan dan pakan. Untuk itulah pemerintah memberikan bantuan, karena memang pemerintah memiliki program stimulus untuk membantu perekonomian masyarakat yang terdampak COVID-19 melalui kelompok-kelompok pembudidaya ikan. Jadi, masing-masing Pokdakan mendapat bibit ikan 10.000 ekor dan pakan 450 Kg,” terangnya.
Dijelaskan Pardamean, bahwa bantuan bibit ikan dan pakan yang diserahkan itu sumber dananya dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumut Tahun 2020. DKP Provsu dalam hal ini dipercaya untuk menyalurkan didampingi Inspektorat dan DKP Kabupaten Tapanuli Tengah.
“Dengan adanya bantuan bibit ikan dan pakan ini, kita berharap perekonomian masyarakat khususnya para kelompok pembudidaya ikan ini dapat terbantu. Karena ini merupakan program pemerintah untuk memberikan stimulus kepada masyarakat di tengah pandemi COVID-19,” kata Pardamean.
Sementara itu Plt Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Tapanuli Tengah, M Risdam, menjelaskan, ke 13 kelompok pembudidaya ikan yang menerima bantuan itu merupakan binaan dari DKP Tapteng dan Provinsi Sumatera Utara. Ia bersyukur masyarakat Tapteng mendapatkan bantuan tersebut serta berharap agar bibit ikan itu dapat dibudidayakan sebaik mungkin untuk menghasilkan panen yang memuaskan.
“Yang menerima bantuan ini langsung para Pokdakan disaksikan oleh lurahnya masing-masing dan juga Babinsanya,” ujarnya.
Ada pun ke 13 Pokdakan yang menerima bantuan adalah, Pokdakan Toruan beralamat di Desa Simargarap Kecamatan Pasaribu Tobing. Pokdakan Anggoli Indah, di Desa Anggoli, Kecamatan Sibabagun. Pokdakan Saroha, di Huta Godang Kecamatan Pasaribu Tobing. Pokdakan Saroha, di Desa Suga-suga Hutagodang, Kecamatan Pasaribu Tobing. Pokdakan Sahata, di Kelurahan Albion Prancis, Kecamatan Pinangsori. Pokdakan Pardamean di Kelurahan Sibabangun, Kecamatan Sibabangun. Pokdakan Dosnitahi, di Desa Simanosor, Kecamatan Sibabangun. Pokdakan Taruna Baru, di Desa Anggoli, Kecamatan Sibabangun. Pokdakan Hidup Maju Bersama, di Desa Masnauli, Kecamatan Sirandorung. Pokdakan Raptama di Kelurahan Lumut, Kecamatan Lumut. Pokdakan Saroha Jaya, di Desa Bonan Dolok, Kecamatan Sitahuis. Pokdakan Sahata Saoloan di Desa Bonan Dolok, Kecamatan Sitahuis. Pokdakan Betama, di Keluarahan Hutanabolon, Kecamatan Tukka. Dan Pokdakan Abadi, di Keluarahan Sibuluan Raya, Kecamatan Pandan.
Pokdakan Saroha mewakili kelompok budi daya ikan menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan Kabupaten Tapanuli Tengah, atas bantuan dan perhatian yang diberikan. Menurutnya, dengan adanya bantuan bibit dan pakan tersebut, mereka lebih semangat lagi untuk membudidayakan ikan tawar karena sudah tersedia bibit dan pakannya.(rel/ant/bn)

Diberdayakan oleh Blogger.