TNI AL dan Angkatan Laut Jepang Latihan Bersama di Perairan Natuna

TNI AL dan Angkatan Laut Jepang Latihan Bersama di Perairan Natuna

Rambe
By -
0

Bicaranews.com|Belawan - Dalam rangka mempererat hubungan internasional serta menjaga stabilitas di kawasan perairan Natuna, TNI AL dan Angkatan Laut Jepang menggelar latihan bersama di kawasan Zona Ekonomi Eksklusuf Indonesia (ZEEI), Barat Daya Pulau Jemaja hingga keluar dari Perairan Natuna Utara, Selasa (6/10/2020).

Pada kegiatan atau latihan bersama berupa passing exercise (Passex) tersebut TNI AL menugaskan unsur gelar operasi, BKO Gugus Tempur Laut (Guspurla) Koarmada I yakni KRI John Lie 358 dan KRI Sutanto 377, sedangkan Japan Maritime Self Defense Forces (JMSDF) melibatkan unsur JS Kaga (DDH 184) dan JS Ikazuchi (DDH 107).

Selain itu, latihan bersama juga dengan melakukan komunikasi, menggunakan isyarat bendera (Flaghoist), dipimpin oleh KRI John Lie 358, sedangkan  RAS Approach (Rasap) yakni prosedur manuver dalam pemindahan logistik serta latihan manuver taktis dipimpin oleh JS Kaga.

Danguspurla Koarmada I, Laksma TNI Dato Rusman mengatakan, latihan bersama TNI AL dan JMSDF atau angkatan laut negara sahabat yang profesional bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas dalam menjaga stabilitas kawasan.

Dalam siaran persnya, yang diterima wartawan, Rabu dari pihak Dispen Lantamal I di Belawan, Rabu (7/10/2020) TNI AL  menyebutkan, pada kegiatan itu juga dilaksanakan pertukaran cinderamata antara Danguspurla Koarmada I dan Komandan KRI John Lie dengan RADM Konno Yasushige dan JS KAGA, serta antara Komandan KRI Sutanto dengan JS Ikazuchi.

Sementara itu, secara terpisah Panglima Koarmada I Laksamana Muda TNI Abdul Rasyid SE MM menyampaikan pada masa pendemi Covid-19, TNI AL dalam hal ini Koarmada I secara aktif melakukan peran diplomasi militer yakni melaksanakan latihan bersama dengan negara sahabat menggunakan metode passing exercise, untuk mempererat hubungan internasional dan menjaga stabilitas di kawasan.(t/bn)

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)