Bahas Pembentukan Pemberdayaan Desa Maritim, Bakamla RI Kunker ke Kabupaten Asahan

Bahas Pembentukan Pemberdayaan Desa Maritim, Bakamla RI Kunker ke Kabupaten Asahan

Rambe
By -
0

Bicaranews.com|Asahan -Pemerintah Kabupaten (Pemkab)  Asahan Plh. Bupati Asahan yang diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Drs. Bambang Hadi Suprapto menyambut hangat kunjungan kerja (Kunker) Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) di Kantor Bupati Kabupaten Asahan, Senin (26/10/2020).

"Selamat datang kepada Bakamla RI, Direktur Kerja Sama Bakamla RI Laksma Bakamla RI Retiono Kunto H. SE beserta rombongan di Kabupaten Asahan," ucap Drs. Bambang Hadi Suprapto.

Beliau juga mengatakan atas arahan dari pihak Bakamla, Pemerintah Kabupaten Asahan akan menindaklanjuti perjanjian kerjasama antara Bakamla RI dengan Pemerintahan Kabupaten Asahan tentang pembentukan Pemberdayaan Desa Maritim di wilayah Perairan Asahan Nomor : SP-027/BAKAMLA/IX/2019 dan Nomor 523/3505 tanggal 18 September 2019.

"Kami selaku Pemerintah Kabupaten Asahan sangat mendukung kegiatan ini di mana saat ini dalam menyikapi wabah Covid-19 dan guna Percepatan Ekonomi Nasional, sebagaimana Program Pemerintah Pusat," sebutnya. 

Selain itu Bambang juga mengatakan Pemerintah Kabupaten Asahan melalui Dinas Perikanan telah membuat Rencana Zonasi Rinci Wilayah Perairan dan Pulau-Pulau Kecil (RZWP3K) Kecamatan Silau Laut Pada tahun 2013 dan RZWP3K Kabupaten Asahan pada tahun 2014 yang mana rencana zonasi tersebut telah masuk ke dalam RZWP3K Provinsi Sumatera Utara dan disahkan melalui Perda Provinsi Sumatera Utara.

“Kiranya RZ tersebut dapat menjadi masukan Masterplan pengembangan selanjutnya dari Bakamla RI selaku Badan Pembina Teknis Desa Maritim Silau Baru,” tutup beliau.

Di kesempatan yang sama Direktur Kerja Sama Bakamla RI Laksma Bakamla RI Retiono Kunto H. SE mengatakan sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2014 tentang Kelautan dan Peraturan Presiden Nomor 178 tahun 2014 tentang Badan Keamanan Laut, Bakamla merupakan Lembaga Pemerintah yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Presiden, dengan tugas melakukan patroli keamanan dan keselamatan di wilayah Perairan Indonesia dan wilayah Yurisdiksi Indonesia.

Guna optimalisasi tugas pokok Bakamla dalam hal menjaga keamanan dan keselamatan di laut, dukungan dan kerjasama serta sinergitas dengan Instansi dan Institusi lain termasuk dengan Pemerintah Daerah serta masyarakat pesisir dan perbatasan sangat diperlukan.

Ia juga mengatakan wujud dari perhatian kami dalam kegiatan fasilitas kerjasama pengembangan Desa Maritim Bakamla RI di Desa Silau Baru antara lain penyuluhan kesehatan lingkungan dan upaya pencegahan penyebaran covid-19, pelatihan pengolahan hasil laut oleh praktisi UKM dan pelatihan kreativitas mudah dari tim kreatif Anak Sumut Production, penyerahan bantuan buku untuk Taman Literasi sebagai tindak lanjut kerja sama Bakamla RI dengan Perpusnas dan sebagai pendukung kegiatan akan diberikan 5 buah blender dan 5 buah sealer kepada perwakilan masyarakat beserta dengan 2 buah rak buku untuk literasi Desa Maritim Silau Baru.

Diharapkan melalui kegiatan ini warga masyarakat Desa Maritim Silau Baru dapat mengikuti kegiatan dengan sungguh-sungguh dan mendapatkan pengetahuan yang bermanfaat.

Pada kegiatan ini Direktur Kerjasama Bakamla RI menyerahkan bantuan Perpustakaan Nasional (Perpusnas) secara simbolis berupa buku kepada Pemerintah Kabupaten Asahan yang diterima langsung oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan dan disaksikan oleh Tim Bakamla RI, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Asahan, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Asahan, Kepala Dinas Koperasi dan Perdagangan Kabupaten Asahan, Camat Silau Laut dan Kepala Desa Silau Baru.(humas/bn)

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)