Tim Stasiun Geofisika Deli Serdang Kunjungi Dairi

Tim Stasiun Geofisika Deli Serdang Kunjungi Dairi

Rambe
By -
0

Bicaranews|DAIRI – Untuk memantau berbagai peralatan peralatan BMKG yang telah terpasang serta memantau potensi potensi bencana gempa yang terdapat di Kabupaten Dairi lewat peralatan. Tim Stasiun Geofisika Deliserdang mengunjungi Kabupaten Dairi.

Kunjungan yang dipimpin langsung Kepala Stasiun Geofisika Deliserdang Teguh Rahayu itu diterima langsung Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu di ruang rapat Bupati Dairi,  Selasa (1/9). Turut dihadiri oleh Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Dairi Sahala Tua Manik, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Dairi Amper Nainggolan serta Kepala Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Dairi Efendi Berutu.

Dalam pertemuan tersebut, Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu mengatakan Kabupaten yang ada di Sumatera Utara khususnya Kabupaten Dairi merupakan daerah yang sangat rawan akan terjadinya bencana. Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu mengatakan Kabupaten Dairi diberikan tanah yang subur, alam yang asri serta masyarakatnya yang pekerja keras, namun alam yang asri tersebut jika tidak dijaga dengan baik maka akan dapat menimbulkan bencana.

“Kami sangat berterimakasih, apa yang telah dilakukan oleh Tim Stasiun Geofisika Deli Serdang karena telah memasang alat pendeteksi bencana di Kabupaten Dairi. Semoga dengan adanya alat tersebut dapat mencegah terjadinya kesulitan bagi masyarakat jika terjadi suatu bencana,” ujar Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu.

Oleh karena itu, kepada jajaran Pemerintah Kabupaten Dairi khususnya BPBD Kabupaten Dairi agar dengan gerak cepat untuk mempelajari bagaimana teknis dari penggunaan alat pendeteksi bencana yakni Display WRS New Generation yang telah dipasang oleh Tim Satuan Geofisika Deli Serdang.

Beliau juga mengatakan agar melakukan koordinasi dengan pihak TNI dan Polri agar dapat saling bersinergi dalam penggunaan alat tersebut karena TNI dan Polri juga merupakan satuan kerja bagian dari Pemerintah untuk menjaga keselamatan masyarakat.

“Kita akan segera buat prosedurnya dalam waktu dekat dan kita sampaikan kepada masayarakat Dairi bahwa Kabupaten Dairi telah memiliki alat untuk pendeteksi terjadinya bencana,” terang Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu.

Sementara itu,  Kepala Stasiun Geofisika Deli Serdang mengatakan timnya melakukan kunjungan ke Kabupaten Dairi untuk memantau berbagai peralatan peralatan BMKG yang telah terpasang di Kabupaten Dairi serta memantau potensi potensi bencana gempa yang terdapat di Kabupaten Dairi lewat peralatan tersebut.

Ia berharap dapat membantu Pemerintah Kabupaten Dairi atau pemangku kepentingan tentang kebencanaan untuk dapat memberikan informasi secara cepat kepada masyarakat sehingga masyarakat yang terdamapak bencana gempa bumi bisa diselamatkan dengan baik.

“Alat pendeteksi bencana ini untuk Sumatera Utara terpasang di 11 lokasi, teramasuk salah satunya di Kabupaten Dairi ini,” pungkasnya.

Selanjutnya, pertemuan tersebut Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu melakukan penandatangan berita acara penyerahan alat pendeteksi bencana yang disaksikan oleh Tim Stasiun Geofisika Deli Serdang.(TGS/bn)

Tags:

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)