Pria Berbadan Gemuk Bisa Sebabkan Istri Sulit Hamil, Benarkah? - Bicara News | Bicara Membangun Nusantara

Header Ads

Header ADS

Pria Berbadan Gemuk Bisa Sebabkan Istri Sulit Hamil, Benarkah?

bicaranews.com

Bicaranews.com - Peluang hamil tak hanya ditentukan oleh kesuburan seorang wanita, sebab peran suami juga memiliki pengaruh besar. Ya Moms, dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa sekitar 40 hingga 50 persen pasangan menikah belum memiliki anak disebabkan karena faktor pria.  

Salah satu penyebabnya adalah karena pasangan memiliki berat badan berlebih alias gemuk. Dalam artian, berat badan mereka yang tak ideal dapat mempengaruhi kualitas dan kuantitas sperma. Demikian yang disampaikan dr. Boy Abidin, SpOG, Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan. 

dr. Boy mengatakan bahwa tak hanya wanita saja yang harus menjaga berat badannya agar ideal, tapi juga pria. Sebabnya, pria dengan berat badan berlebih biasanya memiliki masalah dengan hormon yang memproduksi sel sperma. Selain itu, mereka juga memiliki masalah dengan kualitas ereksinya. Hal inilah yang menyebabkan kualitas maupun kuantitas spermanya akan terganggu. Kondisi ini juga berlaku bagi pasangan atau suami yang bertubuh kurus. 

"Usahakan pada saat pemeriksaan analisis spermanya didapatkan kualitas spermanya tidak optimal atau tidak bagus untuk membuahi, usahakan berat badan menjadi ideal," ujar dr. Boy dalam salah satu video berjudul 'Laki-laki GEMUK Sulit Menghamili Istrinya (dokter Boy Abidin) dalam YouTube pribadinya belum lama ini. 

Dokter yang praktik di RS Mitra Keluarga Kelapa Gading ini kembali menjelaskan, ada sebuah data yang menunjukkan bahwa lemak berlebih atau menumpuk di area buah zakar atau skrotum pada pria yang berbadan gemuk ini juga dapat mempengaruhi kualitas dan kuantitas sperma. Terlebih, jika suhu di area tersebut panas atau tinggi. Hal ini semakin menurunkan kualitas sperma. 

Ia pun menyarankan untuk para suami yang memiliki berat badan berlebih untuk dapat membuat berat badannya menjadi ideal. Demikian pula bagi suami yang memiliki tubuh kurus untuk dapat menaikkan berat badannya mencapai berat badan ideal. 

Tips dari Dokter untuk Pria Bertubuh Gemuk agar Istri Cepat Hamil

Di samping harus menjaga berat badan yang ideal, suami Anda juga perlu memerhatikan pola atau gaya hidup yang sehat, Moms. Ya, mulai dari istirahat yang cukup, tidak terlalu sering begadang, dan olahraga rutin untuk meningkatkan sirkulasi darah, meningkatkan kesehatan, serta menurunkan kadar lemak. 

Sementara untuk pasangan yang memiliki berat badan kurang atau kurus juga bisa melakukan olahraga. Sebab, dengan berolahraga bisa membuat berat badan suami menjadi ideal. Jangan lupa pula untuk konsumsi makanan bergizi, batasi atau tidak konsumsi kopi, hindari rokok dan alkohol. 

"Karena banyak sekali data penelitian yang menyebutkan bahwa pria-pria yang merokok atau terpapar asap rokok, kualitas spermanya akan menurun. Jadi, pola hidup ini perlu diterapkan untuk mendapatkan kualitas dan kuantitas sperma yang baik. Pria harus berperan aktif menjaga berat badan menjadi ideal," tutupnya.(kumpar)

Diberdayakan oleh Blogger.