Polrestabes Medan Gelar Deklarasi Kampanye Damai Pilkada 2020 - Bicara News | Bicara Membangun Nusantara

Header Ads

Header ADS

Polrestabes Medan Gelar Deklarasi Kampanye Damai Pilkada 2020

 

Bicaranews.com|Medan - Polrestabes Medan bersama dengan seluruh stakeholder di Kota Medan menggelar deklarasi kampanye damai di Hotel Emerald Garden Jalan Kol. Yos Sudarso No 1 Kelurahan Silalas Kecamatan Medan Barat, Rabu (30/9). Deklarasi kampanye damai dihadiri juga dua pasangan (paslon) calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan yakni Akhyar Nasution - Salman Alfarisi dan Bobby Nasution - Aulia Rachman beserta pimpinan partai politik pendukung masing-masing Paslon.

Kapolrestabes Medan, Kombes Riko Sunarko mengatakan Polri dibantu TNI memiliki kewenangan penuh dalam mengamankan pelaksanaan Pilkada Kota Medan agar berjalan dengan suasana aman dan damai. Dia juga mengimbau kepada pasangan calon beserta seluruh tim pemenangan untuk mengutamakan penerapan protokol kesehatan saat bertemu dengan masyarakat.

"Pelaksanaan kampanye maksimal ditetapkan sebanyak 50 orang dalam sekali pertemuan dan mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditetapkan pemerintah," ujar Kombes Pol Riko.

Acara yang juga sekaligus mensosialisasikan maklumat Kapolri tentang kepatuhan terhadap protokol kesehatan dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2020 tersebut, digelar sebagai bentuk komitmen dan pernyataan partai politik (parpol) peserta Pilkada 2020 di wilayah Kota Medan agar pelaksanaan Pilkada Tahun 2020 berjalan dengan lancar, aman dan damai serta disiplin menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19 di ibukota Provinsi Sumatera Utara ini.

Selain membacakan pernyataan bersama dari 2 Pasangan Calon (Paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan, acara juga diisi dengan penandatanganan Deklarasi Damai Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan Tahun 2020. Adapun deklarasi damai itu berisikan sikap untuk siap membina kerjasama, menjaga persatuan dan kesatuan antara sesama partai politik, tim kampanye, pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan.

Kemudian, tidak mudah terprovokasi oleh orang atau kelompok yang tidak bertanggung-jawab. Lalu, menghindari fitnah, adu domba dan pencemaran nama baik sesama partai politik, tim kampanye dan massa pendukung. Di samping itu siap untuk mengedepankan musyawarah mencapai mufakat, hindari kekerasan dalam menyelesaikan permasalahan terjadi antara partai politik, tim kampanye dan massa pendukung.

Kegiatan deklarasi damai turut dihadiri Pjs Walikota Medan Arief Sudarto, Wakapolrestabes Medan AKBP Irsan Sinuhaji, Ketua KPU Medan Agussyah Ramadani Damanik, Dandim 0201/ BS, Ketua Kejari Kota Medan, dan Bawaslu Medan.(t/bn)

Diberdayakan oleh Blogger.