Plt Wali Kota Sampaikan Nota Pengantar RP-APBD Medan 2020 Rp.5,19 Triliun Lebih

Plt Wali Kota Sampaikan Nota Pengantar RP-APBD Medan 2020 Rp.5,19 Triliun Lebih

Rambe
By -
0

Bicaranews|Medan - Plt Wali Kota Ir Akhyar Nasution, dalam sidang paripurna DPRD Kota Medan yang dipimpin Ketua DPRD Hasyim SE, Rabu (2/9) menyampaikan nota pengantar Rancangan Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RP-APBD) TA 2020 sebesar Rp.5,19 triliun lebih.

Dalam nota pengantarnya, disampaikan anggaran pada P-APBD TA 2020 terdiri dari belanja langsung sebesar Rp.2,42 triliun lebih dan belanja tidak langsung Rp.2,77 triliun lebih, sehingga total belanja daerah diperkirakan Rp.5,19 triliun lebih.

Dari sisi pendapatan, diproyeksikan sebesar Rp.4,69 triliun lebih atau berkurang 22,93 persen dari sebelum perubahan. Akibat berkurangnya proyeksi pendapatan, maka belanja daerah juga mengalami pengurangan yang cukup signifikan. 

Secara umum, keseluruhan belanja daerah diprioritaskan pada upaya pencegahan dan penanggulangan pandemi Covid-19, pembayaran kenaikan iuran dan penambahan kepesertaan BPJS Kesehatan bagi masyarakat, bantuan sosial bagi masyarakat terdampak Covid-19 serta upaya perbaikan infrastruktur.

Sementara dari sisi pembiayaan, penerimaan sebesar Rp.506,81 miliar lebih dan pembiayaan pengeluaran Rp.10 miliar, sehingga pembiayaan netto diproyeksikan Rp.496,81 miliar lebih.

Prioritas utama dalam P-APBD 2020, adalah pencegahan dan penanggulangan Covid-19. "Dengan dukungan anggaran yang tersedia, kiranya dapat menurunkan angka penderita wabah Covid-19," harapnya.

Selain itu, Pemko berupaya mengatasi berbagai persoalan-persoalan dasar pembangunan kota, seperti peningkatan infrastruktur kota, pembangunan kawasan lingkar luar, peningkatan manajemen lalu lintas, peningkatan sarana prasarana pendidikan, kesehatan dan kualitas pelayanan umum lainnya.

Karenanya, Akhyar berharap pimpinan dan anggota DPRD Medan bersama Pemko dapat melaksanakan pembahasan secara cermat dan teliti terhadap Ranperda P-APBD ini. 

"Saya percaya dengan komitmen yang tinggi dari kita semua, pembahasan akan dapat berjalan lancar dan sukses, sehingga nantinya dapat diambil persetujuan bersama nantinya," ungkap Akhyar.

Usai menyampaikan nota pengantar, Akhyar menyerahkan draf P-APBD Kota Medan TA 2020 kepada Ketua DPRD untuk dibahas. Selanjutnya DPRD akan menyampaikan pemandangan umum fraksi-fraksi atas nota pengantar wali kota pada sidang paripurna selanjutnya. (sioge/bn)

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)