Piala AFC dan Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia Ditunda karena Pandemi COVID-19 - Bicara News | Bicara Membangun Nusantara

Header Ads

Header ADS

Piala AFC dan Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia Ditunda karena Pandemi COVID-19

Bicaranews.com|Jakarta - Kompetisi antarklub Asia tingkat kedua Piala AFC edisi tahun ini telah dibatalkan di tengah pandemi COVID-19, kata Konfederasi Sepak Bola Asia dalam pernyataannya seperti disiarkan Reuters, Kamis (10/9).

Kompetisi tersebut, yang lebih banyak diikuti tim-tim dari negara kecil di Asia, telah ditangguhkan sejak Maret karena krisis virus corona baru dan semula dijadwalkan untuk dilanjutkan bulan ini di venue yang terpusat.

"Dari sisi logistik dalam mengkoordinasikan kelima zona dari Piala AFC dan menyelesaikan pertandingan Inter Zone, Komite Ekselutif AFC juga setuju bahwa pandemi menciptakan kerumitan yang merupakan peristiwa Force Majeure dan, dengan sedih, menyebabkan pembatalan kompetisi 2020," kata badan sepak bola Asia tersebut. Tahun ini dua klub dari Indonesia yang mengikuti Piala AFC adalah Bali United dan PSM Makassar.

Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia

Hal yang sama, Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) kembali menunda jadwal babak kualifikasi Piala Dunia 2022 Qatar zona Asia yang tadinya Oktober-November, menjadi 2021.

Laman AFC, Rabu, menyebutkan penundaan terpaksa dilakukan mengingat penularan COVID-19 di wilayah Asia masih masif.

"Mengingat situasi COVID-19 saat ini di banyak negara, FIFA dan AFC telah memutuskan bahwa pertandingan kualifikasi Piala Dunia FIFA Qatar 2022 dan Piala Asia 2023, yang semula dijadwalkan berlangsung selama jendela pertandingan internasional Oktober dan November 2020, dijadwal ulang pada 2021," tulis AFC dalam keterangannya.

FIFA dan AFC sepakat penundaan ini diambil untuk melindungi dan memberikan jaminan kesehatan kepada negara peserta. Namun AFC belum bisa memastikan kapan babak kualifikasi kembali dijadwalkan.

"Dengan tujuan melindungi kesehatan dan keselamatan semua peserta, FIFA dan AFC akan terus bekerja sama untuk memantau situasi di wilayah tersebut dan untuk mengkaji tanggal baru untuk masing-masing pertandingan kualifikasi," kata AFC. "Rincian lebih lanjut mengenai tanggal baru untuk putaran berikutnya pertandingan kualifikasi Piala Dunia FIFA 2022 dan Piala Asia 2023 akan diumumkan kemudian," tulisnya.

Timnas Indonesia yang masuk Grup G bersama Vietnam, Thailand, Malaysia, dan Uni Emirat Arab, masih menyisakan tiga pertandingan yang awalnya bakal dimainkan pada 8 Oktober dan laga terakhir 12 November.

Peluang Indonesia lolos ke babak berikutnya sudah tertutup dengan menempati posisi juru kunci dan belum meraih satu poin dari lima laga yang telah dijalani. Spasojevic dan kawan-kawan hanya sebagai tim penghibur dengan memasukan tiga gol dan kemasukan 16 gol.(ant)

Diberdayakan oleh Blogger.