Lezatnya Ikan Holat Khas Tapanuli Selatan Ini, Ini Resepnya! - Bicara News | Bicara Membangun Nusantara

Header Ads

Header ADS

Lezatnya Ikan Holat Khas Tapanuli Selatan Ini, Ini Resepnya!

Ikan Holat Khas Tapanuli Selatan (Foto:Indonesiawow)


Holat merupakan masakan asli tapanuli yang sudah ada sejak zaman dahulu dan menjadi salah satu warisan turun – temurun dari masyarakat tapanuli mandailing. Holat adalah makanan khas dari daerah Tapanuli selatan, Sumatra udara. Holat dan masakan khas lainnya dari sumatra utara belum begitu begitu terkenal di telinga masyarakat luas indonesia.

Kita bisa menemukan banyak rumah makan yang menyajikan menu ikan holat ini didaerah tapanuli selatan. Dari rumah makan dengan bangunan sederhana, hingga restoran – restoran besar di tapanuli juga menyediakan menu holat spesial. Tentunya dengan harga yang bervariatif.

Masakan holat sangat sederhana dalam membuatnya. Cukup membakar ikan mas segar dan diremdam dengan kaldu dan bumbu – bumbu penyedap. Dan diakhiri dengan taburan bawang goreng.


Berikut cara pembuatan ikan Holat khas Tapanuli:

BAHAN & BUMBU :

Jahe secukupnya

Ikan mas segar yang sudah dipotong dan dipanggang

garam secukupnya

Jeruk nipis secukupnya (pola asam galugur, asam riang - riang muda adong dapot)

Batang balakka yang berkulit tebal

 Beras

Bawang merah

Cabai rawit sesuai selera


CARA MEMBUAT :

Pisahkan dahulu kulit balakka dari batangnya. Kemudian serut kulit balakka, sebelum diserut, buang dulu kulit bagian terluarnya.

Selanjutnya iris bawang dan jahe, campurkan dengan serutan kulit balakka hingga merata.

Siapkan tungku tanah liat. Sangrai beras dengan tungku hingga harum, lalu tumbuk sampai halus beras yang telah disangrai. Saring beras dan campurkan dengan serutan belakka.

Tambahkan garam sesuai secukupnya, masukkan air mendidih kedalam adonan tanpa direbus.

Campur dan aduk adonan hingga merata. Setelah tercampur semua adonan, masukkan ikan mas yang telah dipotong dan dipanggang tadi kedalam adonan.

dan yang terakhir, diamkan hingga dingin, selanjutnya siapkan perasan jeruk nipis, cabai rawit yang telah ditumbuk sebelumnya atau tambahkan juga kecap manis atau kecap khas tapanuli sebagai cocolan atau pelengkap menyantap holat.

Ikan holat sudah matang. Siap dihidangkan dengan nasi putih hangat bersama keluarga dirumah.

Selamat menikmati Ikan holat yang nikmat.

Terimakasih.

Diberdayakan oleh Blogger.