Kunjungi Taput, Ketua DPD RI Juga Setuju IAKN Jadi Universitas Negeri - Bicara News | Bicara Membangun Nusantara

Header Ads

Header ADS

Kunjungi Taput, Ketua DPD RI Juga Setuju IAKN Jadi Universitas Negeri

Bicaranews.com|Taput - Setelah mendapat surat persetujuan dari Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) beberapa waktu lalu. Kali ini, Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti juga mendukung pendirian Universitas Negeri di Tapanuli Raya.

Persetujuan pendirian Universitas Negeri di Tapanuli Raya saat Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan bersama Forum Kordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) didampingi Sekda Indra Simaremare menyambut kunjungan kerja (Kunker) Ketua DPD RI AA La Nyalla Mahmud Mattalitti dan Anggota Komite di rumah dinas Bupati Taput, Kamis (17/9/2020) WIB.
"Dukungan dan persetujuan dari berbagai pihak telah kita terima, termasuk dukungan Ketua DPD RI saat ini dan sebelumnya juga pernyataan dukungan dari Ketua MPR RI. Juga dukungan dari berbagai stakeholder di Kabupaten Taput. Terimakasih Pak La Nyalla atas dukungan dan upaya dalam percepatan pembangunan di kawasan Danau Toba, khususnya Tapanuli Utara," kata Bupati Nikson Nababan.
Dalam kesempatan itu, Bupati menyampaikan paparan kajian akademis untuk pendirian Universitas di Tapnuli Raya sedang dalam proses. “Sedang digodok di Universitas Sumatera Utara (USU) dan Sucofindo, semoga semua berjalan baik dan segera terealisasi," harapnya.
Bupati Nikson juga menjelaskan bagaimana membuat wisatawan betah di Danau Toba dengan menciptakan paket wisata menarik di wilayah Tapanuli harus dimulai dari infrastruktur.

Sementara itu, Ketua DPD La Nyalla mengatakan kedatangan rombongannya untuk menyerap aspirasi. "Saya kesini untuk menyerap aspirasi daerah. Pertama, tentang pendidikan. Kami para senator di DPD RI mendukung Taput memiliki Universitas Negeri, dengan peningkatan status dari Institut yang ada sekarang," ujar LaNyala.
Dikatakannya, dengan peningkatan status dari Institut yakni Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) menjadi Universitas Negeri prosesnya lebih mudah. “Kami akan lihat dimana hambatannya dan mengapa belum mendapat lampu hijau dari Kementerian terkait," ucapnya.
Sebagai rasa bangga atas kunjungan DPD RI ke Taput, Bupati Nikson Nababan menyematkan seperangkat pakaian adat lengkap kepada La Nyalla beserta tongkat Tunggal Panaluan. 
Selanjutnya, para senator juga memberikan bantuan berupa APD dari BNPB dan Kemenkes berupa masker 4000 pcs, 32 Dirigen Handsanitizer, 1500 pcs alat Rapid Test dan 400 set baju Hazmat yang diterima langsung oleh Bupati Taput. (humas/bn)

Diberdayakan oleh Blogger.