Bupati Sergai Didoakan Dalam Ibadah Penahbisan Pendeta, Guru Huria, Bibelvrouw dan Diakones HKBP

Bupati Sergai Didoakan Dalam Ibadah Penahbisan Pendeta, Guru Huria, Bibelvrouw dan Diakones HKBP

Rambe
By -
0

Bicaranews.com|Sergai - Kepala Departemen Diakonia Huria Kristen Batak Protestan (HKBP), Pdt Debora P Sinaga MTh doakan Bupati Serdangbedagai (Sergai), Ir H Soekirman agar segera sembuh dan kembali dapat menjalankan tugas memimpin pemerintahan di Kabupaten Sergai. Seperti diketahui Soekirman saat ini sedang menjalani isolasi akibat terkonfirmasi positif Covid-19.

Doa permohonan kesembuhan bupati tersebut dibawakan dalam doa syafaat pada acara ibadah penahbisan pendeta, guru huria, bilbelvrouw dan diakones yang dipimpin Ephorus HKBP, Ompui Pdt Dr Darwin Lumbantobing yang dilaksanakan di HKBP Resort Pematang Terang, Kecamatan Tanjungberingin, Sergai, Minggu (20/9/2020).

Sebelum ibadah penahbisan dimulai, Bupati Sergai, Ir H Soekirman melalui aplikasi video call menyampaikan ucapan terima kasih kepada Ephorus HKBP, Ompui Pdt Dr Darwin Lumbantobing atas dipilihnya HKBP Resort Pematang Terang sebagai tempat penahbisan para Pendeta, Guru Huria, Bibelvrouw dan Diakones HKBP tersebut.

Soekirman menyampaikan kepada warga jemaat jika dirinya dalam keadaan sehat. Meskipun dirinya sangat berkeinginan untuk hadir, namun tidak bisa karena sedang menjalani isolasi.  

Ada tiga hal yang disampaikan Soekirman agar ke depannya HKBP tetap menjadi pilihan yakni, HKBP harus melakukan reposisi, revitalisasi kearifan lokal dan revitalisasi toleransi. 

"Para pendeta HKBP, terutama yang baru ditahbiskan, harus menjadi pelopor pemersatu antar umat beragama," ungkapnya tampak mengenakan pakaian adat Batak.

Tidak lupa, Soekirman mohon didoakan agar dapat segera sembuh, sehingga dapat kembali menjalankan tugas memimpin pemerintahan di Kabupaten Sergai.

"Napuran tano-tano, rangging marsiranggoman, tung pe badan tai padao-dao, tondi ta ma marsigonggoman (walaupun badan/tubuh kita saling bejauhan, namun roh/jiwa kita saling melindungi)," tutup Soekirman dengan menyampaikan pribahasa dalam bahasa Batak.

Selanjutnya, Ephorus HKBP, Ompui Pdt Dr Darwin Lumbantobing menyampaikan dukungan semangat serta doa agar kiranya Bupati Sergai, Ir H Soekirman dapat segera sembuh. Ia juga memberikan cendera mata berupa ulos untuk bupati yang diserahkan kepada Kepala Dinas Pendidikan, Drs Joni Walker Manik MM yang hadir mewakili bupati di acara tersebut.

Usai berbincang dengan Bupati lewat video call, kegiatan dilanjutkan dengan ibadah penahbisan pendeta, guru huria, bibelvrouw dan diakones yang dipimpin Ephorus HKBP Ompui Pdt Dr Darwin Lumbantobing dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Adapun calon pendeta yang ditahbiskan sebanyak 20 orang, guru huria 12 orang, 3 orang bibelvrouw dan 1 orang diakones.

Turut hadir, Sekretaris Jenderal (Sekjend) HKBP Pdt David F Sibuea MTh DMin beserta Kepala Departemen (Kadep) Koinonia, Marturia dan Diakonia, Praeses HKBP Distrik XIV Tebingtinggi-Deli, Pdt Pantun Silitonga MSc beserta para pendeta se-Distrik XIV Tebingtinggi-Deli dan diikuti para pendeta, guru huria, bibelvrouw dan diakonis yang akan ditahbiskan, serta warga jemaat HKBP Resort Pematang Terang.

Dalam khotbahnya yang diambil dari Lukas 17:26-37 Ephorus HKBP Ompui Pdt Dr Darwin Lumbantobing menyampaikan  bahwa Tuhan menyatakan kekuasaanNya melalui ciptaanNya (Dipapatar Debata huaso Na marhite na tinompa).

Ephorus juga menekankan pentingnya melayani dengan hati. Melaksanakan program-program pelayanan dengan tindakan nyata yang menyentuh kepada jemaat dan masyarakat sekitar, sehingga pelayanan membawa dampak yang positif.

Usai kebaktian penahbisan, dilanjutkan dengan acara umum penyampaian kata-kata sambutan, dan diakhiri makan siang bersama. (t/bn)

Tags:

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)