136 PNS Diambil Sumpah/Janji, Bupati Toba Tekankan Agar Menjaga Netralitas di Pilkada - Bicara News | Bicara Membangun Nusantara

Header Ads

Header ADS

136 PNS Diambil Sumpah/Janji, Bupati Toba Tekankan Agar Menjaga Netralitas di Pilkada

Bicaranews.com|Toba - Sebanyak 136 pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan pemerintah Kabupaten (Pemkab) Toba diambil sumpah/janji oleh Bupati Toba, Darwin Siagian di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Porsea, Kecamatan Porsea, Kamis (24/9/2020).

Dalam sambutannya, bupati menyampaikan bahwa pengangkatan dan pengambilan sumpah/janji PNS tahun anggaran 2020 merupakan amanah Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang aparatur sipil negara dan implementasi Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil, bahwa setiap calon PNS pada saat diangkat menjadi PNS wajib mengucapkan sumpah/janji.

"Selamat kepada adik-adik yang hari ini telah resmi diangkat menjadi PNS, kalian harus bersyukur menjadi PNS, karena jutaan orang pelamar di seluruh Indonesia berjuang dan berharap agar diangkat menjadi PNS. Jadikanlah rasa syukur ini sebagai motivasi untuk bekerja lebih giat dan ikhlas demi Toba yang lebih maju," ujarnya. 

Bupati berharap, para PNS yang baru dilantik agar lebih inovatif dan berkolaborasi demi terlaksananya pelayanan publik yang prima bagi warga Toba. 

Sebagai generasi millenial yang melek teknologi informasi, para PNS khususnya angkatan 2018 diharapkan bisa menjadi motor penggerak di unit kerjanya dan tetap berkolaborasi dan saling mendukung satu sama lain. 

"Para ahli teknologi informasi saya harap membantu para guru mencari solusi terbaik pelaksanaan pendidikan jarak jauh di masa pandemi ini," pungkasnya. 

Pada kesempatan ini, Bupati menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada PNS yang telah melakukan penggalangan dana untuk memberikan bantuan alat pelindung diri bagi tenaga medis, secara khusus kepada tenaga kesehatan yang pada masa percobaan sebagai CPNS telah langsung berjibaku menjadi garda terdepan dalam pencegahan dan penanggulangan Covid-19 di Toba. Selanjutnya, bupati berharap PNS menjadi duta/influencer protokol kesehatan, di lingkungan tempat tinggal atau unit kerja. PNS diminta agar aktif mengajak dan mengingatkan warga Toba untuk lebih sadar menerapkan protokol kesehatan. 

Terkait perhelatan pesta demokrasi pemilihan kepala/wakil kepala daerah pada 9 Desember 2020, Bupati menekankan agar sebagai PNS tetap menjaga netralitasnya. Dia juga mengimbau agar PNS sebagai warga masyarakat dapat berperan aktif mengajak masyarakat memberikan hak suaranya yang akan menentukan kelanjutan arah pembangunan Toba. 

Sebagaimana laporan Kepala Badan Kepegawaian Daerah, Kasten Panjaitan, bahwa ke-136 PNS yang diambil sumpah/janjinya, terdiri atas 101 orang tenaga teknis guru dari formasi umum tahun 2018 dan 35 orang dari formasi khusus pegawai tidak tetap (PTT) Kementerian Kesehatan tahun 2019. 

Pengambilan sumpah janji berjalan khidmat dan dilaksanakan sesuai protokol kesehatan. Acara ini turut dihadiri Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Toba, Parulian Siregar, Kepala Dinas Kesehatan, dr. Juliwan Hutapea, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Butarbutar, dan Kepala SKB Porsea, Riris Manurung.(rel/bn05)

Diberdayakan oleh Blogger.