Manfaat Popcorn: Cegah Penyakit hingga Turunkan Berat Badan

Manfaat Popcorn: Cegah Penyakit hingga Turunkan Berat Badan

Rambe
By -
0

Bicaranews|Jakarta - Tak cuma renyah dan enak dijadikan camilan santai, popcorn juga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan.

Pada dasarnya, popcorn atau berondong jagung merupakan salah satu makanan ringan yang kaya akan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Sayang, sering kali sajian popcorn dilengkapi dengan penambahan gula dan garam dalam jumlah besar yang membuatnya jadi tak sehat.

Popcorn terbuat dari biji-bijian utuh. Hal itu membuat popcorn kaya akan nutrisi penting secara alami.

Manfaat Popcorn

Banyak penelitian yang mengaitkan konsumsi biji-bijian dengan kesehatan seperti mengurangi peradangan dan menurunkan risiko penyakit jantung.

Dalam setiap 100 gram popcorn mengandung vitamin B1, B3, dan B6. Ada pula zat besi, magnesium, fosfor, kalium, zync, hingga mangan. Popcorn juga kaya akan serat dengan 15 gram serat per porsinya.


1. Kaya akan antioksidan polifenol

Polifenol merupakan antioksidan yang membantu melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat paparan radikal bebas.

Mengutip Healthline, sebuah studi yang dilakukan di University of Scranton menunjukkan bahwa popcorn mengandung polifenol dalam jumlah yang sangat besar.

Polifenol diketahui memiliki banyak manfaat kesehatan seperti melancarkan sirkulasi darah, meningkatkan kesehatan pencernaan, dan mengurangi risiko berbagai penyakit kronis seperti kanker.

2. Kaya akan serat

Popcorn menjadi salah satu sumber serat terbaik. Beberapa penelitian menemukan bahwa serat pada makanan dapat mengurangi risiko penyakit kronis seperti gangguan jantung, obesitas, dan diabetes tipe-2.

Serat juga dapat membantu menurunkan berat badan dan meningkatkan kesehatan pencernaan.

Perempuan dianjurkan mengonsumsi 25 gram serat harian dan 38 gram serat untuk laki-laki. Dalam 100 gram popcorn terkandung 15 gram serat.

3. Membantu menurunkan berat badan

Kaya akan serat membuat popcorn dapat membantu menurunkan berat badan. Popcorn juga relatif rendah kalori dan memiliki kepadatan energi yang rendah.

Sebuah studi membandingkan perasaan kenyang setelah makan popcorn dan keripik kentang. Hasilnya, 15 kalori pada popcorn sama dengan 150 kalori pada keripik kentang. Artinya, popcorn membuat rasa kenyang lebih tahan lama.(cnni)

Tags:

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)