Dosen USU Tekankan Latihan Progressive Muscle Relaxation Cegah Nyeri Sendi - Bicara News | Bicara Membangun Nusantara

Header Ads

Header ADS

Dosen USU Tekankan Latihan Progressive Muscle Relaxation Cegah Nyeri Sendi


Bicaranews|Medan  - Tim pelaksana kegiatan pengabdian masyarakat dari Universitas Sumatera Utara (USU) yang diprakarsai 3 orang dosen yakni Eqlima Elfira (Ketua Tim), Bina Melvia Girsang dan Lukman Hakim bekerjasama dengan dr Ika Purnamasari selaku Penanggung Jawab klinik Ummi Pertama melakukan pemeriksaan asam urat, kolesterol dan gula menggunakan electromyography berbasis arduino uno kepada masyarakat usia lanjut (lansia) beberapa waktu lalu. 
Eqlima Elfira mengatakan,  salah satu masalah yang sering terjadi pada usia diatas 45 tahun adalah nyeri sendi diakibatkan beberapa factor seperti asam urat, kolesterol dan gula menjadi keluhan beberapa masyarakat khususnya lansia. 

"Saya melakukan pemeriksaan kadar asam urat, glukosa dan kolesterol ini untuk memberikan beberapa uji coba dengan electromyography pada lansia dengan melakukan pergerakan motorik. Setelah mendapat hasil dari pemeriksaan, kami juga melakukan edukasi kesehatan bagaimana pencegahan nyeri apabila nyeri tersebut menyerang anggota tubuh," ujarnya. 
Dijelaskannya,  dari beberapa penelitian telah membuktikan bahwa kemampuan motorik dapat dilakukan pemeriksaan dengan menggunakan electromyography berbasis arduino uno untuk melihat sejauh mana kemampuan motoric dalam melakukan pergerakan. 
"Walaupun sejauh ini belum banyak yang menerapkan, hanya menjaga pola makan agar pemicu dari nyeri sendi tidak kambuh kembali. Namun perlu ditekankan bahwa latihan progressive muscle relaxation selama 15 menit mampu memberikan manfaat dalam melenturkan anggota tubuh dan menjaga agar tetap sehat dan mengkomsumsi buah dan sayur seperti asparagus, alpukat, daun asam jawa," sebut Eqlima Elfira seraya berharap menjadi solusi bagi lansia dalam mencegah nyeri sendi dengan melakukan terapi panas/dingin, herbal, dan olahraga teratur.
Kegiatan tersebut dilakukan dengan prosedur COVID-19 yakni tetap menjaga jarak, pengukuran suhu tubuh, mencuci tangan, menggunakan masker dan tetap melakukan safety dengan APD (Alat Pelindung Diri). (rel/bn)
Diberdayakan oleh Blogger.