Bupati Tapteng Panen Raya Padi Bersama Poktan di Sosorgadong

Bupati Tapteng Panen Raya Padi Bersama Poktan di Sosorgadong

Rambe
By -
0

Bicaranews|SOSORGADONG - Bupati Bakhtiar Ahmad Sibarani bersama Wakil Bupati Darwin Sitompul, Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) , serta Kelompok Tani “Jalan Beras” Panen Raya Padi di Dusun II Desa Sibintang Kecamatan Sosorgadong, Sabtu (29/08/2020).

Padi yang dipanen itu 180 ton, merupakan varietas Inpari 32 dengan produktifitas 7,2 ton/ha pada lahan pertanian seluas 25 Ha, milik Kelompok Tani Jalan Beras di Desa Sibintang Kecamatan Sosorgadong. 

Pada kesempatan itu, Bupati Bakhtiar Ahmad Sibarani mengapresiasi semangat para Petani yang tergabung dalam kelompok tani untuk bekerja keras meningkatkan produktifitas hasil pertaniannya mewujudkan ketahanan pangan dan pemulihan ekonomi di masa pandemi Covid-19.

“Atas nama pribadi dan pemda, saya sangat menyambut baik serta mengapresiasi atas diselenggarakannya Panen Raya Padi hari inidi Desa Sibintang. Mari kita sama-sama turun ke sawah,” tutur Bupati saat akan memanen padi bersama rombongan dan Poktan Jalan Beras.

Setelah melakukan Panen Raya Padi, Bupati Tapanuli Tengah menyerahkan bantuan Benih Padi Inbrida Sawah sebanyak 23,125 ton yang berasal dari Tugas Pembantuan (TP) APBN Tahun Anggaran 2020, yang dialokasikan ke 6 desa di Kecamatan Sosorgadong dengan penerima bantuan sebanyak 38 Poktan. Jumlah Anggota 38 Poktan itu sebanyak 1.710 Kepala Keluarga (KK) dan luas lahan pertanian 925 Ha.

“Saya akan membagikan Semprot Hama Elektrik kepada 38 Kelompok Tani, masing-masing Kelompok Tani mendapatkan 5 unit dan bisa digunakan bergantian. Semoga bantuan ini bisa dimanfaatkan dengan baik dan hasil panen padi semakin meningkat. Pesan saya kepada Ketua Kelompok Tani, sebelum turun ke sawah, sebaiknya berdoa terlebih dahulu,” kata Bakhtiar.

Sementara itu, Perwakilan Kelompok Tani, Simanjuntak mengatakan bahwa hasil produk panen padi ini mengalami peningkatan dari hasil sebelumnya.

Perwakilan Kelompok Tani juga  menyampaikan terima kasih kepada Bupati Tapanuli Tengah Bapak Bakhtiar Ahmad Sibarani melalui Dinas Pertanian atas dukungan berupa bibit, obat-obatan dan pupuk, serta dampingan dari Koordinator PPL Dinas Pertanian Tapteng.

“Harapan kami para petani agar Bapak Bupati terus memberi dukungan kepada para petani, “ ucap Simanjuntak.

Turut hadir pada acara itu, Ketua DPRD Tapteng Khairul Kiyedi Pasaribu, Wakil Ketua DPRD Tapteng Willy Saputra Silitonga, Anggota DPRD Tapteng, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tapanuli Tengah, Camat Sosorgadong, Forkopimka Sosorgadong, Lurah dan Kepala Desa seluruh Kecamatan Sosorgadong, PPL Dinas Pertanian Tapteng Tokoh Masyarakat, dan Kelompok Tani.(humas/bn)

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)