Bulang-bulangi, Marga Boangmanalu Komit Menangkan Sonni-Ramlan di Pilkada Pakpak Bharat 2020 - Bicara News | Bicara Membangun Nusantara

Header Ads

Header ADS

Bulang-bulangi, Marga Boangmanalu Komit Menangkan Sonni-Ramlan di Pilkada Pakpak Bharat 2020

Bicaranews|Pakpak Bharat - Ribuan Marga Boangmanalu, berru, bere dan bubrena Kabupaten Pakpak Bharat berkomitmen memenangkan pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati Pakpak Bharat Sonni Berutu-Ramlan Boangmanalu. 
Komitmen tersebut terlihat saat ribuan marga Boangmanalu hadir memberangkatkan Sonni Berutu-Ramlan Boangmanalu bertarung di Pilkada Pakpak Bharat 2020 yang digelar di Hotel Lolona, Salak, Sabtu (29/8/2020).
Acara pemberangkatan tersebut dirangkai dengan pemberian makan pelleng (makanan khas Pakpak) atau membulang bulangi oleh tokoh adat, perwakilan marga Boangmanalu dan kerabat Boangmanalu kepada pasangan Sonni-Ramlan.

Tokoh ada marga Boangmanalu, Sakkap Boangmanalu mengatakan marga Boangmanalu saat ini komitmen untuk mendukung dan memilih pasangan Sonni-Ramlan. Ia juga mengatakan banyak asalan marga Boangmanalu mendukungan pasangan Sonni-Ramlan (SoRa) salahsatunya bakal calon wakil bupati adalah saudara.

"Saya kira kami marga Boangmanalu, berru, bere dan bubrena mendukung pasangan Sonni-Ramlan. Kami memberangkatkan Sonni-Ramlan dengan makanan pelleng (makanan khas Pakpak). Makanan ini adalah bagi suku Pakpak adalah makanan sangat penting dan punya makna. Semoga apa dicita-citakan bisa terwujud. Kemudian bulang-bulang, ini juga topi kebesaran yang disematkan kepada raja atau pemimpin," kata Sakkap.

"Alasan marga Boangmanalu mendukung Sora Lebbuh karena bakal calon wakil bupatinya adalah Marga Boangmanalu. Bagaimana pun ceritanya kami mendukung saudara kami yang calon," kata Sakkap disambut tepuk tangan warga.

Alasan kedua kata Sakkap, marga Boangmanalu melihat pasangan Sonni-Ramlan adalah calon yang lahir, besar dan berusaha di Pakpak Bharat.

"Alasan kami, Ramlan dan Sonni adalah lahir di Pakpak Bharat. Sonni besar dan berusaha di Pakpak Bharat. Saya kira ketika memimpin nanti pasti punya komitmen untuk membangun tempat lahirnya," sebutnya.

Alasan lain, marga Boangmanalu mendukung Sonni-Ramlan karena punya komitmen membangun pertanian Pakpak Bharat. Hal demikian terlihat dari visi misi yang disampaikan Sonni-Ramlan dibeberapa acara.
"Pasangan Sonni-Ramlan adalah pertama pasangan 'lokal' berani mencalonkan diri Pakpak Bharat. Perlu kami jelaskan selama ini belum pernah calon putra Pakpak Bharat yang lahir, besar dan berusaha di Pakpak Bharat. Makanya untuk itu kami memberikan dukungan kepada Sonni-Ramlan," katanya.
Ia juga menuturkan,  bahwa pasangan Sonni-Ramlan dianggap paling mengetahui situasi dan kondisi masyarakat Pakpak Bharat. "Saya kira mereka mengerti dan paham situasi di daerah. Mereka tentu memikirkan apa yang dibangun disuatu daerah. Saya kira itu tidak muluk-muluk," katanya.
Perwakilan saudara marga (kekerabatan) Boangmanalu, Asmar Bancin, SPdI mengaku senang atas deklarasi marga Boangmanalu kepada pasangan bakal calon bupati Pakpak Bharat Sonni-Ramlan.
"Saya kira deklarasi dan dukungan yang dilakukan marga Boangmanalu. Saya kira inu juga menjadi motivasi tersendiri kami marga Bancin untuk makin konsisten mendukung Sora Lebbuh (tagline Sonni-Ramlan) di Pilkada nanti. Apalagi sama kira ketahui belum lama ini sejumlah marga bancin di Desa Sondel sudah mengundang Sonni menggelar pertemuan. Saya kira ini menjadi penambah semangat kami," kata Asmar.
Di hadapan ribuan orang, Asmar menegaskan banyak alasan dirinya mendukung Sonni-Ramlan. Karen salah satunya, pasangan putra Pakpak simsim yang berani tampil dan maju sebagai calon bupati.

Melihat antusias dukungan marga Boangmanalu, Sonni Berutu mengaku senang, bangga dan terharu. Apalagi kata dia, dukungan yang diberikan oleh marga Boangmanalu sangat luar biasa.
"Saya salut, bangga dan rasa terharu. Ada ratusan bahkan ribuan orang yang hadir pada acara memberikan dukungan ini. Ia mengatakan, dukungan ini sebagai penyemangat baginya untuk bertarung di Pilkada nanti," ungkapnya.
Sonni berharap marga Boangmanalu jangan perlu menanggapi banyaknya orang yang menyudukan pasangan Sora Lebbuh di Pilkada. "Saya kira marga Boangmanalu jangan mau terprovokasi. Masyarakat tetap damai," ucapanya.
Demikian juga Ramlan, ia mengaku bangga soal banyaknya dukungan saudara marga Boangmanalu. Sebagai marga Boangmanalu dukungan ini akan dijadikan penyemangat untuk mencari simpati dari maayarakat.
"Terima kasih saudara saya marga Boangmanalu. Semoga apa yang kita cita-citakan bisa tercapai. Sonni-Ramlan bisa menang di Pilkada nanti. Saya terharu dan bangga," tukasnya. (pakpakbangkit) 

Diberdayakan oleh Blogger.