Tesalonika P Hutapea, Siswa SMA Unggul Del Raih Medali Perak di Ajang I-EMC - Bicara News | Bicara Membangun Nusantara

Header Ads

Header ADS

Tesalonika P Hutapea, Siswa SMA Unggul Del Raih Medali Perak di Ajang I-EMC


Bicara News|Medan - Siswa SMA Unggul Del, Tesalonika Permatasari Hutapea, berhasil meraih silver medal (medali perak) di ajang bergengsi International Eduversal Mathematics Competition (I-EMC) yang di gelar pada 11 Juli 2020 lalu secara online.
Kompetisi matematika online tingkat internasional ini diikuti oleh 545 peserta dari 36 negara. Tesalonika bersaing di level senior dengan persyaratan peserta, usia 14 tahun ke atas.


Tesalonika menuturkan ada 40 soal yang di uji dalam kompetisi ini, diantaranya 30 soal pilihan ganda dan 10 soal isian singkat. Adapun kualitas soal yang di uji, menurut Tesa, dibuat dengan standar High Order Thinking Skills  (HOTS) yang notabene membutuhkan pemahaman teorema matematika dan kemampuan.
“Soalnya ada 40, dimana 30 soal diantaranya itu pilihan ganda dan 10 soal isian singkat dengan kualitas soal berstandar High Order Thinking Skills,” terang Tesalonika dikutip dari DEL FM.
Lebih lanjut, Tesalonika menceritakan kalau kompetisi tingkat internasional ini soalnya menantang dan waktu pengerjaannya sangat terbatas. Panitia memberikan waktu 120 menit untuk pengerjaan seluruh soal. Peserta juga tidak diperkenankan mengerjakan soal sebelumnya apabila soal selanjutnya sudah dibuka.


Terkait kecurangan, panitia mewajibkan peserta ‘open camera’ pada alat komunikasi yang digunakan guna menghindari kecurangan seperti mencontek, dan sebagainya.
Untuk diketahui, Eduversal Mathematics Competition (EMC) ini merupakan ajang kompetisi matematika yang sudah berjalan dua belas tahun lamanya. Dan untuk pertama kalinya, dampak pandemi, kompetisi matematika ini dibuat secara online namun berskala internasional yang diberi nama International Eduversal Mathematics Competition (I-EMC). (delFm)
Diberdayakan oleh Blogger.