KPU Medan Gelar Rapat Koordinasi Persiapan Coklit oleh Petugas PPDP

KPU Medan Gelar Rapat Koordinasi Persiapan Coklit oleh Petugas PPDP

Rambe
By -
0

Rapat Koordinasi Persiapan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Medan di Hotel Emeral Garden, Senin (13/7) 

Bicara News|Medan- Apresiasi dan dukungan penuh disampaikan Kepala Badan Kesatuan Bangsa Politik Medan Sulaiman Harahap diwakili Kabid Politik Dalam Negeri Lilik atas digelarnya Rapat Koordinasi Persiapan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Medan di Hotel Emeral Garden, Senin (13/7) sore.
Hadir bersama Kabag Tata Pemerintahan Setdako Medan Ridho Nasution, Lilik menegaskan, Pemko Medan mendukung  pelaksanaan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih oleh PPDP, sehingga pelaksanaan Pemilihan Walikota dan Wakil Wali Kota Medan 2020 dapat berjalan dengan sukses dan lancar. Meski demikian dalam melaksanakan tugasnya, Lilik mengingatkan agar PPDP senantiasa disiplin menjalankan protokol kesehatan di masa pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).
"Semoga pelaksanaan coklit berjalan dengan lancar. Untuk itu Pemko Medan melalui OPD terkait siap mendukungnya. Kita harapkan pelaksanaan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan 2020 lebih baik dibandingkan pelaksanaan yang sebelumnya," kata Lilik dalam rapat yang dipimpin langsung Ketua KPU Kota Medan Agussyah Ramadani Damanik tersebut.
Dihadiri Komisioner KPU Nama Miranti, perwakilan Banwaslu dan unsur Forkopimda Kota Medan, Lilik selanjutnya mengungkapkan, proses coklit ini sangat penting untuk menghasilkan data pemilih yang valid. "Kerja coklit yang akan dimulai 15 Juli mendatang merupakan pengalaman baru, karena dilakukan di masa pandemi Covid-19," jelasnya.
Sementara itu Kabag Tapem Setda Kota Medan Ridho Nasution menambahkan,  PPDP dalam menjalankan tugasnya diminta harus patuh dan disiplin menerapkan protokol kesehatan. Di samping itu, seluruh PPDP yang sebagian besar merupakan kepala lingkungan ini dapat bekerja secara profesional sehingga harus dibekali pengetahuan dan pemahaman peraturan.


"Dengan pembekalan pengetahuan dan pemahaman peraturan, PPDP dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan berani, sehingga proses pemuktahiran data pemilih ini menghasilkan produk yang benar-benar valid. Dengan demikian pelaksanaan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan 2020 lebih baik dan berkualitas," ungkap Ridho.
Sedangkan Ketua KPU Medan Agussyah Ramadani Damanik, sangat mengharapkan dukungan Pemko Medan dan unsur Forkopimda untuk menyukseskan proses coklit ini. Dikatakannya, bentuk dukungan dapat dilakukan dengan memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya pemuktahiran data pemilih tersebut.
PPDP dalam melakukan proses pemutakhiran data pemilih, kata Agus, mengemban tugas yang sangat penting yaitu melayani hak konstitusional warga negara dalam menggunakan hak pilihnya. "Jadi PPDP harus tepat dalam pencocokan data dan teliti dalam bekerja serta dapat berkoordinasi dengan pihak terkait," ujar Agus.
Di kesempatan itu, Agus juga menjelaskan, PPDP yang telah direkrut KPU Medan akan menerapkan protokol kesehatan dengan ketat dan menyesuaikan setiap tahapan yang dilakukan. "Hal ini kita lalukan untuk melindungi semua lapisan masyarakat," tegasnya.(rel)

Tags:

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)